DetikNews
Kamis 15 Maret 2018, 13:59 WIB

Fredrich Temui Dokter IGD Minta Diagnosis Sakit Novanto Diubah

Faiq Hidayat - detikNews
Fredrich Temui Dokter IGD Minta Diagnosis Sakit Novanto Diubah Fredrich Yunadi/Foto: Ari Saputra
FOKUS BERITA: Drama Novanto di RS
Jakarta - Plt Manajer Pelayanan Medik RS Medika Permata Hijau, dr Alia pernah dihubungi dokter jaga IGD dr Michael Chia Cahaya. Michael mengaku ditemui Fredrich Yunadi dan diminta mengubah diagnosa sakit Setya Novanto menjadi korban kecelakaan.

Awalnya Fredrich menyampaikan ke dokter lainnya, Bimanesh Sutarjo soal akan masuknya Novanto ke RS Medika Permata Hijau dengan diagnosa hipertensi. Dokter Alia diminta menyiapkan kamar rawat.



"Saya ditelepon dokter Michael, dia menyampaikan ditemui oleh pengacara Setya Novanto. Pengacara Setya Novanto minta bikin diagnosa kecelakaan," ujar dr Alia bersaksi dalam sidang lanjutan Fredrich Yunadi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Alia menyarankan dr Michael Chia bekerja sesuai prosedur dalam menangani pasien rumah sakit. Michael diminta juga tidak mau diintervensi siapa pun dalam mengubah diagnosa.

"Lalu saya sampaikan, dokter kita sesuai prosedur semua, jangan intervensi apa pun, apa diagnosa yang ditemukan itu yang disimpulkan, kalau sakit kita rawat kalau tidak kita pulangkan," sambung Alia.



Selain itu, Alia juga bicara mengenai pertemuannya dengan dr Bimanesh Sutarjo yang membahas protes dokter Michael soal Fredrich.

"Saya sampaikan soal dokter Michael, tadi nadanya sedikit marah karena dia didatangi pengacara Setya Novanto karena diminta buat diagnosa kecelakaan. Berhubung pasiennya Pak Bimanesh saya sampaikan ke Pak Bimanesh. Kata Pak Bimanesh, nanti saya yang handle, setelah itu saya baru pulang," jelas Alia.

Fredrich Yunadi didakwa merintangi penyidikan KPK atas Setya Novanto dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. Fredrich diduga bekerja sama dengan dr Bimanesh Sutarjo merekayasa sakitnya Novanto.




(fai/fdn)
FOKUS BERITA: Drama Novanto di RS
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed