DetikNews
Rabu 14 Maret 2018, 01:13 WIB

MA Sebut Ada 3 Kelompok Hakim, Putih, Abu-Abu dan Hitam

Haris Fadhil - detikNews
MA Sebut Ada 3 Kelompok Hakim, Putih, Abu-Abu dan Hitam Ketua Muda Pengawasan Mahkamah Agung Sunarto (kanan) (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Mahkamah Agung (MA) membagi hakim dalam 3 kelompok. Ada hakim yang masuk kelompok putih, kelompok abu-abu, dan ada yang masuk kelompok hitam.

"Pendekatan spiritual kita lakukan dan kita bagaimana mengubah lelah jadi pahala, niatkan bekerja untuk ibadah itu kita dorong terus dan kita buat role model sejak 2006 saya bergabung Badan Pengawasan Mahkamah Agung. Kita mapping hakim-hakim, ada kelompok putih, kelompok abu-abu dan kelompok hitam," kata Ketua Muda MA Bidang Pengawasan hakim agung Sunarto di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakata Selatan, Selasa (13/3/2018).


Sunarto menyatakan hakim kelompok putih didorong menempati jabatan tertentu. Tujuannya agar menjadi contoh bagi hakim lainnya.

"Kelompok putih kita dorong jadi pimpinan. Mengapa kita dorong jadi pimpinan agar yang abu-abu ini bisa mengikuti karena masyarakat butuh role model," ujarnya.


Sementara bagi hakim di kelompok hitam atau yang sudah pernah kena hukuman badan pengawas diperlakukan sebaliknya. Hakim di kelompok hitam tak didorong memiliki jabatan apapun.

"Kalau ada yang sudah kena hukuman disiplin bawas itu atau sudah terbukti, itu nggak bakal lolos menjadi pimpinan pengadilan," ucap Sunarto.
(haf/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed