DetikNews
Minggu 11 Maret 2018, 07:42 WIB

Putra Amien Rais Pamerkan Becak Listrik Rp 15 Juta ke Anies

Mochamad Zhacky - detikNews
Putra Amien Rais Pamerkan Becak Listrik Rp 15 Juta ke Anies Becak Hanafi Rais untuk Gubernur Anies (Zhacky Kusumo/detikcom)
Jakarta - Anggota DPR RI Hanafi Rais pamerkan modifikasi becak listrik di Patung Kuda, kawasan seberang Monas. Becak listrik itu rencananya akan diberikan ke Pemprov DKI.

Putra pendiri PAN itu memamerkan becaknya di Patung Kuda, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (11/3/2018), sekitar pukul 07.30 WIB. Warga yang ada di sekitar lokasi terlihat antusias mencermati becak listrik buatan Hanafi.

Becak listrik yang dipamerkan politikus PAN itu tidak jauh berbeda dengan becak tradisional. Bentuknya sama, yang menjadi pembeda yakni memakai aki yang dapat di-cas yang berada bawah tempat duduk penumpang.

Ada dua cara mengendarai becak itu, bisa di-gas bisa juga di-goes layaknya mengendarai sepeda. Di bagian kemudi atau stand sebelah kanal ada grip untuk menggas. Di kanan ada rem, tombol klakson dan lampu.

"Di roda belakang kita juga tambahkan cakram untuk rem. Di stand ada kunci kontaknya," kata Hanafi di lokasi.

Putra Amien Rais Pamerkan Becak Listrik Rp 15 Juta ke AniesFoto: Becak Hanafi Rais untuk Gubernur Anies (Zhacky Kusumo/detikcom)


Becak listrik buatan Hanafi juga dilengkapi dengan penutup untuk melindungi penumpang dari panas dan hujan. Menurutnya, biaya untuk pembuatan becak itu sebesar Rp 15 juta.

Jarak tempuh becak listrik Hanafi dapat maksimal 40 km dan untuk mengisi aki membutuhkan waktu tiga jam. Becak tersebut mampu membawa bebas maksimal 250 kg dan dapat dipacu sampai 25 km/jam.

"Ada lampunya juga, nyala kan? Ini Rp 15 juta, kan baru prototype, nanti kalau buat banyak unit mungkin bisa lebih murah lagi," terang anggota Komisi I DPR itu.

Hanafi berencana memberikan becak listrik itu langsung ke Gubernur DKI Anies Baswedan. Anies dan Wagub DKI Sandiaga Uno memang berencana mengoperasikan lagi becak di Ibu Kota.

"Ya ini mau ke Balai Kota nih, kasih ke Pak Anies," ujar dia sambil mengendarai becaknya ke arah Balai Kota.


(zak/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed