detikNews
Selasa 06 Maret 2018, 14:14 WIB

Ba'asyir akan Pindah Rutan, Wiranto: Pesan Presiden soal Kemanusiaan

Dwi Andayani - detikNews
Baasyir akan Pindah Rutan, Wiranto: Pesan Presiden soal Kemanusiaan Abu Bakar Ba'asyir/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Menko Polhukam Wiranto mengaku sudah melaporkan hasil rakor yang memutuskan akan memindahkan Abu Bakar Ba'asyir ke rumah tahanan (Rutan) di Jawa Tengah. Rencana pemindahan atas dasar pertimbangan kemanusiaan ini sudah dilaporkan ke Presiden Joko Widodo.

"Dari hasil rakor di Kemenko Polhukam kita lanjutkan lapor ke presiden, maka presiden pesannya adalah pertimbangan kemanusiaan. Yang bersangkutan sudah tua, kesehatannya sudah menurun maka tentunya pertimbangan kesehatan agar tetap sehat di penjara ini yang utama," kata Wiranto kepada wartawan usai melakukan pertemuan dengan komisioner KPU di gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (6/3/2018).

Wiranto juga menegaskan, pengawasan kesehatan Ba'asyir akan diprioritaskan selama berada di rutan. Fasilitas medis disiapkan.



"Artinya, sisi kemanusiaan tetap diutamakan tanpa mengabaikan dalam sisi hukum sehingga ada keseimbangan, maka keputusan itu dipindahkan di rumah tahanan, bukan di rumah," ujarnya.

Ba'asyir akan dipindahkan ke rutan yang berdekatan dengan kampung halamannya. Tujuannya memudahkan keluarga menjenguk.

"Jadi spekulasi akan ada tahana rumah, ada amnesti, grasi itu sementara ini bukan itu. Setelah ini saya harap selesai jangan terus dimunculkan," sambung Wiranto.



Soal rencana pemindahan Ba'asyir, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyambut baik hal tersebut. JK mengatakan pemindahan dilakukan agar Ba'asyir dekat dengan keluarga dan dapat dijenguk setiap saat.

"Saya belum tahu (kepastian pemindahan) tapi saya kira suatu upaya yang baik, supaya mendekatkan dengan keluarga, bisa dikunjungi setiap saat," kata JK di kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta Pusat, Selasa (6/3).

Kepastian pemindahan Ba'asyir menurut JK akan dibicarakan dengan Kementerian Hukum dan HAM.


(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com