detikNews
Selasa 06 Maret 2018, 09:51 WIB

Jokowi Bagikan 15.000 Sertifikat Tanah untuk Warga Bogor

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi Bagikan 15.000 Sertifikat Tanah untuk Warga Bogor Foto: Presiden Jokowi. (Andhika Prasetia/detikcom)
Bogor - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 15.000 sertifikat tanah untuk masyarakat di Bogor, Jawa Barat. Jumlah ini merupakan yang terbanyak dibagikan sepanjang masa jabatannya.

Pembagian dilakukan di halaman parkir Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jabar, Selasa (6/3/2018). Jokowi tiba di lokasi pukul 08.40 WIB dan bersalaman dengan warga sekitar 10 menit.
Jokowi menyebut tahun ini sekitar 80 ribu sertifikat akan dibagikan di Bogor.Jokowi menyebut tahun ini sekitar 80 ribu sertifikat akan dibagikan di Bogor. Fotografer: Andhika Prasetia/detikcom


Sebelum berpidato, Jokowi menyerahkan sertifikat tanah secara simbolis kepada 12 warga. Dalam sambutannya, Jokowi menyebut tahun ini sekitar 80 ribu sertifikat akan dibagikan di Bogor.

"Hari ini diserahkan 15.000 sertifikat dari 4 kecamatan. Target kita 5 juta sertifikat harus diberikan, tahun ini 7 juta. Tahun depan 9 juta. Di Bogor, 80 ribu harus diserahkan, tidak bisa ditawar," kata Jokowi.

Jokowi menitip pesan supaya sertifikat tanah dijaga betul oleh warga. Selain itu, jika dijadikan agunan bank maka uang jaminan sertifikat harus dipakai untuk modal usaha.

"Kalau sudah pegang sertifikat biasanya pengin disekolahkan, bener nggak? Nggak apa apa, tapi tolong kalau untuk agunan ke bank, untuk jaminan, tolong dihitung dulu, bisa dicicil apa nggak, kalau nggak bisa, jangan. Hitung yang teliti, sehingga saat dapat sertifikat tapi disita bank karena nggak bisa mencicil," paparnya.
(dkp/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com