DetikNews
Senin 05 Maret 2018, 15:03 WIB

PAN Jagokan Gatot, AHY, hingga Anies Diusung di Poros Baru Pilpres

Tsarina Maharani - detikNews
PAN Jagokan Gatot, AHY, hingga Anies Diusung di Poros Baru Pilpres Ketua DPP PAN Yandri Susanto. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) membuka opsi membentuk poros baru di Pilpres 2019. Sejumlah nama, seperti eks Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Gubernur DKI Anies Baswedan, dipertimbangkan diusung poros baru.

"Kan ada Pak Gatot (Gatot Nurmantyo), Anies (Gubernur DKI Anies Baswedan), Muhaimin (Ketum PKB Muhaimin Iskandar), Bang Zul (Ketum PAN Zulkifli Hasan), AHY (Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono). Tinggal diformatnya gimana," ujar Ketua DPP PAN Yandri Susanto kepada wartawan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (5/3/2018).


Poros baru yang dimaksud adalah yang mengusung capres alternatif selain Joko Widodo dan Prabowo Subianto. PAN menepis wacana poros baru dimaksudkan untuk memecah dukungan Jokowi.


"Artinya nggak bisa diprediksi juga kalau calon alternatif dimunculkan, justru yang dipecah yang bukan pendukung Pak Jokowi, belum tentu juga. Tapi bisa juga dari Pak Jokowi akan tergerus juga dukungannya, tergantung orangnya siapa yang dimunculkan," terang Yandri.


Yandri menyebut PAN hampir dipastikan akan mengusung capres selain Jokowi. PAN juga tak ingin adanya calon tunggal di Pilpres 2019.


"Kecenderungan kuat kami insyaallah di luar Pak Jokowi. Karena kami nggak mau calon tunggal. Kalau semua ke Pak Jokowi ya bisa jadi calon tunggal," ucap anggota Komisi II DPR itu.
(tsa/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed