DetikNews
Kamis 22 Februari 2018, 16:54 WIB

Jokowi: Cepat Gerak Evakuasi Korban Longsor di Brebes!

Herianto Batubara - detikNews
Jokowi: Cepat Gerak Evakuasi Korban Longsor di Brebes! Presiden Jokowi (Rengga Sancaya/detikFoto)
Jakarta - Lima petani menjadi korban tewas akibat tanah longsor di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdukacita.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi lewat akun Twitter resminya, @jokowi, seperti dilihat detikcom, Kamis (22/2/2018). Jokowi meminta agar penanganan cepat dilakukan karena banyak korban masih tertimbun longsor.

"Berdukacita atas musibah longsor di Brebes. Saya sudah instruksikan instansi terkait bergerak cepat untuk evakuasi korban. Semoga keluarga korban dikuatkan. Al Faatihah -Jkw," tulis Jokowi.

Jokowi: Cepat Gerak Evakuasi Korban Longsor di Brebes!Tanah longsor di Kabupaten Brebes (istimewa)

Longsor ini terjadi di hutan produksi milik Perhutani BKPH Salem petak 26 RPH Babakan, tepatnya di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes. Longsor terjadi pagi tadi pukul 08.00 WIB.


Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebut ada 14 orang yang berhasil dievakuasi dari longsor. Mereka dalam keadaan luka-luka dan dibawa ke puskesmas terdekat. Tiga orang di antaranya dirujuk ke rumah sakit karena lukanya cukup serius.


Sementara itu, sejauh ini ada 5 petani yang dinyatakan tewas. Sebanyak 15 orang lainnya dinyatakan hilang, diduga tertimbun longsor.

Petugas SAR gabungan dari TNI-Polri, Basarnas, PMI, Tagana, relawan, dan masyarakat sudah berada di lokasi. Namun, menurut Sutopo, tim SAR kesulitan melakukan evakuasi karena tanah masih bergerak dan material longsor gembur, tebal, dan cukup luas.

Sutopo menjelaskan alat berat juga belum dapat dikerahkan untuk mencari korban yang diduga tertimbun. Cuaca di lokasi yang mendung dan berpotensi hujan juga dapat menyulitkan pencarian.

[Gambas:Video 20detik]


(hri/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed