DetikNews
Kamis 22 Februari 2018, 16:19 WIB

5 Orang Tewas, 3 Korban Longsor Brebes Dirujuk ke RS

Herianto Batubara - detikNews
5 Orang Tewas, 3 Korban Longsor Brebes Dirujuk ke RS Tanah longsor di Kabupaten Brebes. (Foto: dok istimewa)
Brebes - Belasan petani yang luka-luka akibat tanah longsor di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, dirawat di Puskesmas Bentar. Ada 3 orang yang dirujuk ke rumah sakit karena lukanya cukup serius.

"Korban di sini nggak terlalu berat luka-lukanya. Kebanyakan lecet-lecet, ada yang luka robek," kata dokter Rian, dokter di Puskesmas Bentar, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, saat dihubungi detikcom lewat telepon, Kamis (22/2/2018).

Dokter Rian menjelaskan ada 2 orang yang dirujuk ke rumah sakit di Majenang dan satu lagi dibawa ke rumah sakit ortopedi di Banyumas.


"Ketiga orang ini, yang satu orang memang ada patah tulang, namanya Pak Dadang. Terus yang dua orang lagi mengalami sesak, takutnya ada luka dalam makanya kita rujuk," jelasnya.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyebut sejauh ini ada 5 orang yang dinyatakan tewas akibat tanah longsor ini. Mereka adalah Karsini, Sapto, Wati, Radam, dan Kiswan.

[Gambas:Video 20detik]


Sementara itu, jumlah korban yang dinyatakan hilang diduga tertimbun longsor kini bertambah dari sebelumnya 11 orang menjadi 15 orang.

Petugas SAR gabungan dari TNI-Polri, Basarnas, PMI, Tagana, relawan, dan masyarakat sudah berada di lokasi. Namun, menurut Sutopo, tim SAR kesulitan melakukan evakuasi karena tanah masih bergerak dan material longsor gembur, tebal, serta cukup luas.

Sutopo menjelaskan alat berat juga belum dapat dikerahkan untuk mencari korban yang diduga tertimbun. Cuaca di lokasi yang mendung dan berpotensi hujan juga dapat menyulitkan pencarian.

"Alat berat belum dapat digunakan untuk mencari korban. Cuaca mendung berpotensi hujan juga dapat menyulitkan pencarian korban. Prinsip safety first dijadikan pedoman tim SAR gabungan dalam pencarian korban," ujar Sutopo dalam keterangannya yang diterima detikcom sore ini.
(hri/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed