DetikNews
Rabu 21 Februari 2018, 19:20 WIB

Dituntut 10 Tahun Bui, Politikus PKS Yudi: Jaksa KPK Berasumsi

Faiq Hidayat - detikNews
Dituntut 10 Tahun Bui, Politikus PKS Yudi: Jaksa KPK Berasumsi Yudi Widiana Aida/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Mantan Wakil Ketua Komisi V DPR Yudi Widiana Aida menyebut tuntutan jaksa terhadap dirinya berdasarkan asumsi. Yudi dituntut jaksa 10 tahun penjara terkait perkara suap proyek jalan.

"Kalau bagi saya mengalir saja dan saya melihat jaksa dalam hal ini memberikan tuntutan yang terjadi adalah semua berdasarkan asumsi, tidak melihat fakta persidangan," ujar Yudi usai sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (21/2/2018).

Menurut Yudi, fakta persidangan selama ini justru menguntungkan dirinya soal dirinya tidak menerima duit suap. Dalam seluruh percakapan yang ditampilkan persidangan, Yudi menyebut tidak pernah memerintahkan anggota DPRD Bekasi M Kurniawan menerima uang.

"Fakta-fakta persidangan saya melihat justru hampir semua saksi menguntungkan saya, sampai ke tingkat Kurniawan dalam tingkat pembuktian. Pembuktian-pembuktian ini nggak pernah uang itu sampai saya dan nggak pernah ada dari sekian banyak SMS nggak ada perintah satu pun," ujar Yudi.

Dia meminta KPK untuk memproses hukum Kurniawan agar kasus itu terungkap tidak ada keterlibatan dirinya. Menurut Yudi, namanya hanya dicatut Kurniawan.

"Iya, biar publik melihat lah. Yang aktivitas siapa, Aseng nggak pernah kenal dengan saya, nggak pernah ngomong tentang proyek. Saya tidak pernah memberikan approve sedikit pun, satu pun approve yang diajukan oleh jaksa hanya bukti-bukti petunjuk dan bukti petunjuk itu bukan urusan uang juga, gitu ya," jelas dia.

Yudi juga mengaku tidak mempersoalkan tuntutan jaksa agar hak politiknya dicabut politik yang diberikan jaksa. Yudi menyatakan sudah jujur memberikan keterangan terkait perkaranya.

"Nggak ada masalah, bagi saya namanya kebahagiaan itu yang penting masuk surga. Saya sudah berterus terang, saya tidak melakukan eksepsi, saya tidak melakuakn perlawanan, saya mengalir dan bukti-bukti di persidangan seperti itu dan aseng sendiri menyatakan uang itu bukan untuk Pak Yudi," sambung Yudi.

Yudi Widiana dituntut 10 tahun penjara, denda Rp 1 miliar dan subsider 6 bulan kurungan. Yudi diyakini jaksa terbukti menerima uang suap Rp 11,1 miliar dari komisaris PT Cahaya Mas Perkasa So Kok Seng alias Aseng.

Jaksa juga menuntut pidana tambahan terhadap politikus PKS Yudi Widiana Adia berupa pencabutan hak politik. Jaksa ingin hakim mengabulkan permohonan agar hak politik Yudi dicabut selama 5 tahun.


(fai/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed