detikNews
Kamis 15 Februari 2018, 14:25 WIB

Anies Masih Godok Wacana Libur Sekolah Saat Asian Games

Indra Komara - detikNews
Anies Masih Godok Wacana Libur Sekolah Saat Asian Games Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Foto: Indra Komara/detikcom
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum menjelaskan secara detail terkait wacana libur sekolah saat Asian Games 2018 berlangsung. Dia mengatakan pengaturan jam kerja karyawan dan jadwal libur sedang digodok.

"Saya belum bisa sampaikan, belum detailnya, tapi akan ada rekayasa lalu lintas. Akan ada pengaturan jam karyawan di sekitar area yang akan digunakan Asian Games. Begitu juga jadwal anak sekolah. Nanti detailnya kita siapkan. Itu instruksinya sudah. Tinggal sekarang digodok prosesnya," kata Anies di Gedung Pos Ibukota Lantai 2, Jalan Lapangan Banteng Utara No 1, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2018).

Anies juga memaparkan libur sekolah pada saat Asian Games bukan berarti para murid tidak mendapat tugas. Anies menyebut libur sekolah saat Asian Games bisa juga diartikan ada penugasan untuk dikerjakan di rumah oleh para murid.

"Sekolah itu bisa diselenggarakan di sekolahnya, bisa ada penugasan di rumah. Di dunia pendidikan itu bukan hal yang aneh. Misalnya ada ASP berminggu-minggu itu bukan libur tapi penugasan sekolah. Jadi ditunjang," paparnya.


Anies menegaskan wacana libur sekolah dan pengaturan jam kerja karyawan dilakukan untuk mengurangi kemacetan saat Asian Games. Sehingga gelaran Asian Games tidak terganggu.

"Intinya mengelola lalu lintas, kesibukan warga sehingga event kelas dunia ini tidak terganggu," jelas Anies.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan akan terbang ke Tokyo, Jepang. Sandiaga akan melakukan kunjungan kerja untuk melihat persiapan pemerintah Tokyo menjalankan kebijakan libur sekolah saat Olimpiade 2020 digelar.


"Minggu depan, juga berdasarkan arahan dari pimpinan, akan ke Tokyo untuk melihat persiapan mereka Olimpiade dari segi mereka melakukan libur sekolah dan perubahan jam kerja tersebut dan sistem IT apa mereka yang dipakai untuk memuluskan perhelatan Tokyo 2020 yang bisa kita pakai di (Asian Games) 2018 di Jakarta-Palembang," kata Sandiaga di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (5/2/2018).
(hri/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed