DetikNews
Rabu 14 Februari 2018, 22:18 WIB

Tembok Pembatas Bantaran Kali Ciliwung di Kampung Berlan Roboh

Audrey Santoso - detikNews
Tembok Pembatas Bantaran Kali Ciliwung di Kampung Berlan Roboh Foto: dok. Twitter BPBD DKI
Jakarta - Tembok pembatas Kali Ciliwung sepanjang 25 meter dengan tinggi semeter di Kampung Berlan, Matraman Jakarta Timur, roboh. Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pusdatin BPBD) DKI Jakarta mengatakan robohnya tembok dilaporkan pukul 21.15 WIB.

"Itu kan di pinggiran, bantaran kali. Harus diperbaiki karena takut kalau hujan, permukaan air naik, air bisa meluap. Itu bisa berdampak pada banjir," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Jufan, ketika dihubungi detikcom, Rabu (14/2/2018).

Tembok Pembatas Bantaran Kali Ciliwung di Kampung Berlan RobohFoto: dok. Twitter BPBD DKI

Sementara itu, petugas call center Pusdatin BPBD DKI Jakarta, Vino, menerangkan tembok pembatas jalan dengan Kali Ciliwung itu memang kondisinya sudah miring dalam beberapa hari terakhir. Menurut dia miringnya tembok dikarenakan tanah di bagian bawah labil dan batu-batuan di bawah tembok terkikis air sungai.

"Itu memang sebenarnya kondisi temboknya sudah miring karena di bawahnya tanah. Tanahnya labil dan batu-batuan di bawah tembok sudah tergerus. Karena kemarin banjir, jadi tambah makin memperparah," jelas Vino ketika dimintai konfirmasi detikcom.

"Ditambah kan di situ masih ada alat berat yang lalu lalang mengangkut sampah dari sungai. Itu semua mungkin penyebabnya. Saat ini dari dua hari yang lalu pun kita sudah ada penanganan dengan dipasang kawat bronjong agar masyarakat tidak mendekat," ujar Vino.


(aud/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed