DetikNews
Selasa 13 Februari 2018, 11:38 WIB

Buaya Pemangsa Warga yang Mati Dijebak di Kalteng Beratnya 1 Ton

Herianto Batubara - detikNews
Buaya Pemangsa Warga yang Mati Dijebak di Kalteng Beratnya 1 Ton Buaya 5 Meter Pemangsa Manusia Ditangkap di Kalteng (Foto: dok BKSDA Kalteng)
Palangka Raya - Seekor buaya jantan pemangsa warga dengan panjang 5 meter lebih mati terjerat perangkap di sungai di Desa Sebangau Besar, Kalimantan Tengah. Berat buaya ini diperkirakan 1 ton.

"Berat buayanya sekitar 1 ton," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Kalimantan Tengah, Junaedy Slamet Wibowo, saat dihubungi detikcom lewat telepon, Selasa (13/2/2018).

Junaedy menjelaskan buaya ini mati setelah terjerat perangkap yang disiapkan warga. Warga menemukan buaya ini mati di perangkap yang dipasang di Sungai Sebangau Besar pada Jumat (2/2) lalu.

Buaya Pemangsa Warga yang Mati Dijebak di Kalteng Beratnya 1 TonBuaya 5 Meter Pemangsa Manusia Ditangkap di Kalteng (Foto: dok BKSDA Kalteng)

Berdasarkan info yang beredar di masyarakat, buaya ini berukuran hingga 7 meter. Namun, menurut Junaedy, ukurannya 5,18 meter dengan lebar 70 cm. Karena ditemukan dalam keadaan mati, buaya itu akhirnya langsung dikubur.


"Buaya tersebut sudah dalam kondisi mati. Jadi dari hasil koordinasi dengan aparat, dikuburkan di lokasi penemuan tersebut," ujarnya.

Buaya ini diburu oleh petugas BKSDA Kalimantan Tengah dan warga setelah warga bernama Aman dimangsa ketika memasang perangkap udang di sungai. Sejak kejadian itu, warga jadi takut beraktivitas sebagai nelayan. Sungai di lokasi kejadian memang berbatasan langsung dengan laut.

Menurut Junaedy, wilayah Sebangau Besar memang merupakan habitat buaya muara. Petugas sudah memasang papan imbauan di lokasi agar warga meningkatkan kewaspadaan saat beraktivitas.


(hri/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed