DetikNews
Senin 12 Februari 2018, 16:58 WIB

Semangat Humas BNPB Sutopo Meski Idap Kanker Paru Stadium IV

Herianto Batubara - detikNews
Semangat Humas BNPB Sutopo Meski Idap Kanker Paru Stadium IV Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho Foto: Ari Saputra/detikFoto
Jakarta - Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho divonis mengidap kanker paru stadium IV. Meski begitu, dia tabah dan tetap semangat menjalani hidup dan pekerjaannya.

Kabar Sutopo mengidap kanker paru ini begitu mengejutkan di kalangan wartawan. Banyak yang baru tahu, apalagi selama ini Sutopo beraktivitas seperti biasa, menyebarkan informasi atau memberi data soal kejadian bencana di Indonesia.

Sutopo ternyata telah divonis mengidap kanker paru stadium IV sejak pertengahan Januari 2018 lalu. Padahal pada pertengahan Januari itu, dia terbilang aktif dan responsif memberikan data dan menjawab pertanyaan wartawan soal bencana, termasuk soal banjir yang menerjang wilayah Bogor dan Jakarta.

Aksi Sutopo memberi penjelasan kepada wartawan Aksi Sutopo memberi penjelasan kepada wartawan Foto: Ari Saputra

Doa dan dukungan dari wartawan pun mengalir untuk Sutopo di banyak grup WhatsApp yang dia bentuk untuk mempermudah penyebaran informasi. Merespons itu, pria kelahiran Boyolali, Jawa Tengah, 7 Oktober 1969, ini mengucapkan terima kasih.

"Amin. Terima kasih atas doa dan perhatiannya. Mohon doanya saya bisa sembuh dan sehat kembali. Mohon dimaafkan kesalahan saya," kata Sutopo, Senin (12/4/2018).

"Dokter bilang saya kanker paru-paru stadium 4 pertengan Januari lalu. Awalnya shock karena saya tidak merokok, genetic tidak ada dan makan sehat. Tapi saya pikir ya sudahlah. Ini garis hidup saya. Saya jalani saja dengan ikhlas," sambungnya.

Sutopo mengatakan, dirinya akan tetap semangat menjalani hidup. Dia memang masih beraktivitas seperti biasa dan tetap ke kantor. Dia juga menjalani pengobatan dan terapi.

Sutopo mengaku tidak mau kehilangan semangat dalam menjalani hidup meski diberi cobaan. "Ini teguran dari Allah agar saya lebih banyak beribadah, berdoa dan berbuat kebaikan," ucapnya.

Sutopo memang akrab dan bersahabat dengan wartawan. Sosok yang bekerja di BNPB sejak Agustus 2010 ini selalu jadi rujukan pertama wartawan jika ada kejadian bencana di Indonesia. Lewat akun Twitter-nya @Sutopo_PN, dia juga selalu mengabarkan perkembangan informasi terkait bencana.
(hri/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed