DetikNews
Jumat 09 Februari 2018, 14:29 WIB

Paspampres Zaman Now: Lebih Fleksibel dan Dekat dengan Rakyat

Zunita Amalia Putri - detikNews
Paspampres Zaman Now: Lebih Fleksibel dan Dekat dengan Rakyat Paspampres menggelar acara serah terima jaga di depan Istana Merdeka, Minggu (17/7/2016) (Foto: Hasan Alhabshy/detikcom)
Jakarta - Wakil Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Brigjen TNI Maruli Simanjuntak menyampaikan kesan-kesannya menjadi bagian perlindungan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Maruli mengaku memetik banyak pelajaran saat menjalankan tugas mengamankan Presiden.

"Kita jadi banyak belajar tapi kita juga tetap fokus di pengamanan. Kalau pribadi saya, banyak sekali pelajaran dari beliau (Jokowi)," ucap Maruli saat ditemui di acara 'Paspampres Shooting Championship' di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (9/2/2018).


Serah terima jaga Paspampres digelar terbuka untuk warga. Momen ini dimanfaatkan warga untuk berfoto selfieSerah terima jaga Paspampres digelar terbuka untuk warga. Momen ini dimanfaatkan warga untuk berfoto selfie (Foto: Hasan Alhabshy/detikcom)

Dia mengatakan untuk menjadi Paspampres banyak persyaratan dan kriteria yang harus dipenuhi. Beberapa di antaranya ialah mematuhi prosedur tetap (protap), punya psikologi yang baik, bersikap baik, dan punya daya tahan fisik yang prima.

Hal tersebut tentunya harus ditunjang dengan kemampuan bela diri dan menggunakan senjata demi memastikan keamanan bagi orang nomor satu di Indonesia.


"Yang penting psikologinya, minimal sikapnya bagus. Terus juga punya fisik yang baik, menembak bagus, bela diri, kesehatan baik, semuanya. Fisik bagus tuh harus kuat, kuat olahraganya, lari kuat, gitu," jelas dia.

Maruli juga ikut menanggapi tentang 'Paspampres zaman now' seperti yang dicetuskan Jokowi. Dia menilai hal itu dapat diwujudkan dengan menjadi lebih fleksibel dan dekat dengan rakyat.


Momen sertijab Paspampres dibuat tak berjarak dengan masyarakatMomen sertijab Paspampres dibuat tak berjarak dengan masyarakat (Foto: dok. detikcom)

"Kalau 'Paspampres zaman now' kita sih mengikuti saja sebetulnya ide itu lebih memudahkan gerakan, lebih membuat komunikasi dengan masyarakat lebih baik, dan kita sih lebih suka begitu jadi lebih fleksibel juga," ucap dia.

Maruli juga sempat menyampaikan kesan sulitnya mencocokkan 'dandanan' saat mengawal Jokowi yang dikenal sederhana. Atas kondisi tersebut, terkadang pakaian yang dipakai Paspampres jadi lebih bagus dibandingkan Jokowi.


"Beliau (Jokowi) itu orangnya sederhana kadang-kadang juga beli sepatunya bisa lebih bagus kita jadinya," kata Maruli.

Maruli mengatakan saat ini anggota Paspamres mencapai 3.000 orang. Mereka terdiri dari Grade A pengamanan Presiden, Grade B pengamanan Wapres, Grade C pengamanan tamu negara, dan Grade D pengamanan mantan Presiden.
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed