DetikNews
Rabu 07 Februari 2018, 16:09 WIB

Anies Tak Ingin Debat soal Banjir: Kita Fokus Pengungsi Dulu

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies Tak Ingin Debat soal Banjir: Kita Fokus Pengungsi Dulu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Gusti Ramadhan/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku berfokus pada pemenuhan kebutuhan korban banjir. Anies enggan berpolemik terkait solusi jangka panjang penyelesaian banjir di Jakarta.

"Jadi menurut saya begini, dalam situasi seperti sekarang, paling tepat adalah bicara tentang menyelamatkan pengungsi, memastikan bisa kembali. Ini prioritasnya. Jangan kita berdebat terlalu panjang dulu soal solusi besar," kata Anies di Pluit, Jakarta Utara, Rabu (7/2/2018).

Hari ini Anies mengunjungi lokasi banjir di Bidara Cina, Jakarta Timur. Anies mengatakan akan mengerahkan jajarannya agar warga segera dapat kembali ke rumahnya dengan kondisi bersih dan sehat.

[Gambas:Video 20detik]



[Gambas:Video 20detik]


"Kita berharap warga bisa kembali ke rumah dan sehat, pastikan rumah bersih semua, itu prioritasnya," jelasnya.

Anies mengatakan penyelesaian banjir di Jakarta butuh koordinasi dengan berbagai pihak. Dia menuturkan ada tiga hal yang menyebabkan banjir di Jakarta.

"Memang di Jakarta ini banjirnya minimal dari tiga penjuru. Satu ada dari hulu seperti yang sedang terjadi, yang kedua adalah bila curah hujan di kota amat lebat. Yang ketiga adalah bila permukaan (air) naik," jelasnya.

Dia menyampaikan Pemprov DKI baru bisa menangani masalah terkait curah hujan yang naik dan permukaan air yang naik. Sementara, untuk penyelesaian banjir di hulu akan dikoordinasikan dengan pemerintah pusat.

"Kalau yang bisa kita kerjakan yang kedua dan ketiga langsung. Karena itu di wilayah kita. Yang pertama kan di hulu," terangnya.

"Untuk yang pertama sebenarnya kuncinya adalah memastikan pembangunan waduk di sana berjalan dengan cepat. Dan sudah diperiksa kan bulan lalu, Pak Presiden Desember kemarin ke sana. Semoga segera tuntas," paparnya.
(fdu/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed