detikNews
Sabtu 03 Februari 2018, 15:19 WIB

Polisi Tangkap 6 Pelaku Illegal Logging di Kawasan Cagar Biosfer Riau

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Polisi Tangkap 6 Pelaku Illegal Logging di Kawasan Cagar Biosfer Riau Polisi menangkap pelaku pembalakan liar di kawasan cagar biosfer Giam Siak Kecil, Bengkalis, Riau (Foto: dok. istimewa)
Pekanbaru - Polres Bengkalis menangkap pelaku pembalakan liar (illegal logging) di kawasan cagar biosfer Giam Siak Kecil, Riau. Ada sebanyak 6 pelaku illegal logging yang ditangkap petugas.

"Di lokasi perambahan ini semuanya ada 6 orang yang kita amankan," kata Kapolres Bengkalis, AKBP Abas Basuni, Sabtu (3/2/2018).

Abas menjelaskan, pihaknya menelusuri pembalakan liar sejak Selasa (30/1/2018). Untuk menuju ke lokasi kawasan cagar biosfer membutuhkan waktu yang lumayan lama.

"Dalam penelusuran, di kawasan penyanggah kawasan sudah berdiri perkebunan sawit. Dari perkebunan sawit ini tim memasuki kawasan cagar biosfer," kata Abas.

Tim Polres Bengkalis awalnya menemukan seseorang yang tengah membawa kayu menggunakan sepeda motor. Setelah itu tim terus memasuki kawasan hutan.

Petugas menemukan adanya gubuk yang dibangun di tengah hutan tersebutPetugas menemukan adanya gubuk yang dibangun di tengah hutan tersebut (Foto: dok. istimewa)

"Di dalam ditemukan 3 orang yang melakukan aktivitas illegal logging," kata Abas.

Tim kembali menelusuri lebih ke dalam lagi. Ditemukan jalan setapak yang disusun dari sisa potongan kayu untuk melansir hasil perambahan hutan.

"Di sini dua orang lagi berhasil kita amankan," tuturnya.

Di lokasi pembalakan liar tersebut pelaku mendirikan gubuk sebagai tempat tinggal sementara mereka. Di sekitar gubuk tersebut, ditemukan barang bukti sejumlah tumpukan kayu yang baru dibelah dengan gergaji mesin.

"Barang bukti hasil perambahan liar sudah kita amankan termasuk para pelaku ke Mapolres Bengkalis," tutup Abas.
(cha/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed