DetikNews
Kamis 18 Januari 2018, 12:55 WIB

Pembunuh dan Pemerkosa di Serang Dihukum 10 Tahun Penjara

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Pembunuh dan Pemerkosa di Serang Dihukum 10 Tahun Penjara Foto: bahtiar/detikcom
Serang - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Serang memvonis ER (17) selama 19 tahun penjara dan kerja sosial selama 6 bulan. Ia terbukti membunuh dan memperkosa korban, yang juga teman SMA-nya.

Vonis ini sesuai dengan tuntutan jaksa penuntut umum sebagaimana diatur Pasal 81 ayat 1 dan Pasal 80 ayat 3 UU Perlindungan Anak.

"Menyatakan ER telah terbukti sah dan meyakinkan bersalah melakukan perkosaan dan turut serta melakukan penganiayaan yang mengakibatkan kematian," kata ketua majelis hakim Emanuel Ari Budiharjo di Serang, Banten, Kamis (18/1/2018).

Dalam putusannya, majelis hakim juga menjatuhkan hukuman kerja sosial bagi pelaku yang akan dilakukan di Panti Sosial Jakarta Timur selama 6 bulan. Hukuman kerja sosial dilaksanakan minimal 1 jam dan maksimal 3 jam dalam sehari.

"Penjara pidana di Lembaga Pembinaan Khusus di Tangerang selama 10 tahun dan menjatuhkan pidana pelatihan kerja di panti sosial di Jakarta Timur selama 6 bulan," katanya.

Beberapa hal yang memberatkan pelaku adalah alasan anak tidak sebanding dengan perbuatan dan pelaku tidak memiliki perasaan bersalah. Selain itu, pelaku adalah intellectual dader.

Atas vonis ini, penasihat hukum pelaku, Heri Kusmawan, mengaku menerima putusan hakim.

Jaksa penuntut umum yang diwakili Ani Indriyani juga menerima keputusan tersebut.

"Sesuai dengan tuntutan jaksa. Kecuali menyimpang dari tuntutan, kita melakukan banding," kata Ani kepada wartawan.
(bri/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed