DetikNews
Kamis 18 Januari 2018, 02:16 WIB

Akbar Penderita Atresia Bilier di Lhokseumawe Butuh Bantuan

Datuk Haris Maulana - detikNews
Akbar Penderita Atresia Bilier di Lhokseumawe Butuh Bantuan Akbar, penderita atresia bilier di Lhokseumawe, membutuhkan bantuan. (Datuk/detikcom)
Jakarta - Nasib kurang beruntung dialami Fatiyan Akbar, yang masih berusia 2 tahun. Bocah asal Desa Uteun Bayi, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe, Aceh, ini menderita atresia bilier atau sakit saluran empedu hati.

Adapun gejalanya tampak pada mata dan tubuh dengan warna kekuningan. Sejak berusia 3 bulan, anak Cut Linda (40) ini sudah mengalami kelainan tersebut. Dia pernah dirawat di Rumah Sakit Zainal Abidin (RSZA), Banda Aceh, selama 1 bulan serta melakukan transfusi darah sebanyak 21 kali.

Dokter yang menanganinya pun meminta keluarga membawanya kembali dengan jadwal yang telah ditentukan. Namun, lantaran keterbatasan biaya transportasi dan pendampingan, keluarga urung membawa Akbar ke rumah sakit kembali.

Semenjak ditinggalkan ayahnya, Akbar hanya tinggal bersama ibu dan kakak-kakaknya di rumah singgahan milik saudaranya. Tapi sekarang tidak lagi diberikan izin tinggal karena hendak ditempati sendiri oleh pemiliknya.

Akbar Penderita Atresia Bilier di Lhokseumawe Butuh BantuanAkbar, penderita atresia bilier di Lhokseumawe, membutuhkan bantuan. (Datuk/detikcom)

"Sangat banyak cobaan yang diderita Akbar. Ibaratnya, sudah jatuh ketimpa tangga lagi. Jika dilihat dari wajahnya, dia bagaikan pasrah tanpa kata-kata dan mengharap masih ada harapan kebahagiaan di masa yang akan datang," kata ketua Lembaga Peduli Dhuafa (LPD) Aceh, Musfendi, kepada detikcom, Rabu (17/1/2018).

Dia menyebutkan kondisi Akbar memang sangat memprihatinkan. Kehidupan ekonomi keluarganya pun miris.

"Kami sudah berkunjung ke rumahnya langsung. Sangat prihatin jika kita melihatnya. Kami mengajak para dermawan ikut membantu Akbar dalam menjalani perawatan di RS. Mari kita sisihkan sedikit harta untuk membantu meringankan penderitaan Akbar sehingga dia bisa sehat dan kembali seperti anak-anak lainnya," sebut Musfendi.

Dia menambahkan, jika ada yang berkenan bersedekah untuk biaya transportasi dan akomodasi keluarga selama di RS, silakan datang ke rumahnya langsung atau bisa melalui LPD Aceh, yang berada di Jalan Samudera, Lhokseumawe.
(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed