DetikNews
Rabu 17 Januari 2018, 10:05 WIB

Idrus Marham, Sekjen Terlama Golkar yang Kini Jadi Mensos

Andhika Prasetia - detikNews
Idrus Marham, Sekjen Terlama Golkar yang Kini Jadi Mensos Idrus Marham jadi Menteri Sosial Foto: Bagus Prihantoro/detikcom
Jakarta - Idrus Marham resmi menjabat sebagai Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Khofifah Indar Parawansa. Idrus merupakan Sekjen Partai Golkar dengan masa jabatan paling lama.

Menilik ke belakang, Idrus menjabat sebagai sekjen Golkar sejak kepemimpinan Aburizal Bakrie (Ical) selama dua periode. Idrus tetap setia menjabat sebagai sekjen di bawah komando Setya Novanto.

Doktor ilmu politik kelahiran 55 tahun silam ini juga pernah berkecimpung sebagai anggota DPR sejak tahun 1999 hingga 2011. Idrus juga pernah masuk ke dalam Pansus Angket Bank Century.


Idrus merupakan pengagum berat Presiden Jokowi. Idrus pernah mengelu-elukan Jokowi dalam buku yang berjudul 'Keutamaan Jokowi'.

Jokowi Reshuffle Kabinet Jilid IIIJokowi Reshuffle Kabinet Jilid III Foto: Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom

"Mengapa keutamaan? Penulis sepakat dengan pandangan bahwa kepemimpinan Jokowi itu khas dan sesungguhnya tidak dapat secara persis diperbandingkan dengan yang lain," kata Idrus menjelaskan dalam prolognya.

Di bawah kepemimpinan Airlangga Hartarto, Idrus santer dikabarkan masuk ke kabinet pemerintahan Jokowi-JK. Isu itu kini menjadi kenyataan. Idrus menjadi Mensos menggantikan Khofifah yang maju Pilgub Jatim 2018.


(hri/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed