DetikNews
Sabtu 13 Januari 2018, 09:31 WIB

Tak Copy-Paste Kemenangan di DKI, PAN: Strateginya Beda

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Tak Copy-Paste Kemenangan di DKI, PAN: Strateginya Beda Eddy Soeparno (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Sekjen PAN Eddy Soeparno mengatakan partainya bersama Gerindra dan PKS tidak bisa meniru (copy-paste) kemenangan di Pilgub DKI ke daerah lain. Mekanisme dan strategi pemenangan di DKI berbeda dengan pilgub lainnya.

Namun Eddy menyebut PAN, PKS, dan Gerindra, yang berkoalisi di 5 provinsi pada Pilkada 2018, akan membawa semangat yang sama di Pilgub DKI. Semangat itu salah satunya semangat kerja sama.

"Mungkin konsepnya tidak, karena kan berbeda Pilkada DKI dan pilkada lainnya. Jadi yang kita bawa itu adalah semangat kerja samanya, karena kita bekerja sama dengan sangat baik di Pilkada DKI itu. Semangatnya itu semangat yang positif, sinerginya baik sekali, itu yang akan kita bawa," ujar Eddy kepada detikcom, Sabtu (13/1/2018).

Eddy mencontohkan kerja sama yang baik antara PAN, PKS, dan Gerindra dalam memenangi Pilgub DKI. Saat itu ketiga partai tersebut gotong royong membantu pemenangan tanpa membebani pasangan calon.

"Jadi partai sendiri nanti yang ada mencetak atribut sendiri untuk pemenangan pasangan calon. Jadi tidak serta-merta menunggu dari partai atau bantuan dari paslon, ya nggak," jelasnya.


Menurut Eddy, mekanisme dan strategi di setiap provinsi berbeda dalam memenangi pilgub. "Karena kan Jawa Barat saja berbeda dengan DKI, Jawa Tengah juga, masyarakatnya berbeda, daerahnya berbeda, kulturnya berbeda. Jadi nggak bisa disamakan," katanya.


Eddy juga mengatakan PAN, PKS dan Gerindra tidak bisa membentuk koalisi secara eksklusif di seluruh daerah di Pilkada 2018. Pilkada Serentak 2018 di beberapa daerah juga melibatkan partai politik lain.

"Bisa aja loh di pilgub tertentu, PAN, Gerindra, PKS, itu nggak cukup kursinya, bisa saja, jadi harus ngundang partai lain. Dan ini nggak bisa eksklusif PAN, Gerindra, PKS. Kita di tempat-tempat lain juga bekerja sama dengan Golkar, PDIP, NasDem, dengan Hanura, kita kerja sama dengan semua partai," ucapnya.


Sekjen Forum Umat Islam (FUI) Al-Khaththath mengatakan imam besar FPI Habib Rizieq, yang saat ini berada di Arab Saudi, berpesan agar semangat 212 di DKI ditularkan ke daerah lain. Rizieq menitipkan pesan kepada tiga ketum partai itu agar mengusung calon yang direkomendasikan para ulama.

"Pesan Habib Rizieq ketika saya pergi ke Mekah, meminta kepada tiga pimpinan partai supaya meng-copas (copy-paste) yang ada di Jakarta supaya mendapatkan kemenangan di provinsi-provinsi lain. Nah, tentunya saya nggak tahu apakah ada mispersepsi seolah-olah kita mendukung dengan cek kosong. Mungkin pemahaman mereka seperti itu," tutur Al-Khaththath di Restoran Mbok Berek, Jl Prof Dr Soepomo, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (11/1).
(nvl/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed