DetikNews
Kamis 11 Januari 2018, 09:57 WIB

Polda Metro Punya 150 Unit Mobil Patroli Baru

Mei Amelia R - detikNews
Polda Metro Punya 150 Unit Mobil Patroli Baru Mobil patroli baru Polda Metro Jaya Foto: Mei Amelia/detikcom
Jakarta - Polda Metro Jaya memiliki 150 unit mobil patroli baru untuk menunjang operasional. Mobil patroli ini dilengkapi peralatan guna melengkapi tugas-tugas polisi di lapangan.

"Iya kita sudah ada tambahan 150 unit mobil khusus untuk patroli Sabhara," ujar Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Idham Azis kepada detikcom, Kamis (11/1/2018).

Sesuai dengan namanya, mobil tersebut digunakan sebagai sarana petugas kepolisian dalam melakukan patroli. Dengan adanya penambahan unit mobil patroli ini, diharapkan Jakarta semakin aman.

Mobil patroli baru Polda Metro JayaMobil patroli baru Polda Metro Jaya Foto: Mei Amelia/detikcom

"Kami ingin masyarakat Jakarta merasa aman," ucapnya.

Dalam beberapa kesempatan, Idham menginstruksikan kepada jajaran untuk melakukan patroli. Baik patroli rutin berskala kecil hingga besar, maupun patroli rutin yang ditingkatkan.

Mantan Kadensus 88 Polri ini juga memerintahkan jajaran untuk menyalakan rotator ketika berpatroli.

"Agar ketika ada masyarakat yang membutuhkan pertolongan polisi, tahu ada polisi, begitu melihat mobil patroli bisa meminta bantuan kepada polisi," tambahnya.

Tidak hanya itu, dengan adanya patroli juga dapat mengurangi niat pelaku untuk melakukan kejahatan. "Sehingga dengan kehadiran polisi, mudah-mudahan Jakarta semakin aman," imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, bahwa pengadaan mobil patroli itu menggunakan Dipa Polri.

Alat pemadam api di dalam mobilAlat pemadam api di dalam mobil Foto: Mei Amelia/detikcom

"Dari 150 unit mobil patroli itu, 90 unit di antaranya disebar ke polres-polres untuk menunjang operasional polisi dalam melakukan patroli. Tujuannya agar masyarakat Jakarta merasa aman," tutur Argo.

Adapun mobil untuk patroli ini keluaran Nissan type Almera. Selain alat komunikasi handy talkie, public address, mobil tersebut dilengkapi dengan alat pemadam api ringan (APAR) serta peralatan P3K.

Berbeda dari mobil patroli sebelumnya, mobil patroli baru ini dilengkapi dengan penyekat besi untuk bagian jok depan dan belakang. Penyekat ini berfungsi sebagai pengaman, jika mobil tersebut membawa pelaku kejahatan.
(mei/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed