DetikNews
Rabu 03 Januari 2018, 09:34 WIB

Mungkinkah Ada Cagub Ketiga di Pilgub Jatim?

Jabbar Ramdhani - detikNews
Mungkinkah Ada Cagub Ketiga di Pilgub Jatim? Foto: Ilustrasi Pilgub Jatim. (Andhika Akbarayansyah/detikcom).
Jakarta - Sejauh ini Pilgub Jawa Timur baru diramaikan dengan dua pasang nama bakal calon gubernur dan wakil gubernur. Dua pasangan itu ialah Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak dan Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas.

Pasangan Khofifah-Emil sudah didukung oleh Partai Demokrat dan Hanura. Terakhir, dukungan disampaikan NasDem yang memberikan surat keputusan (SK) dukungan bernomor 174-Kpts/DPP-NasDem-XII/2017 yang diberikan pada Selasa (2/1) kemarin.

Khofifah sendiri menyebut dukungan juga akan disampaikan oleh Golkar dan PPP. Khofifah mengatakan kedua partai itu akan memberikan surat pernyataan dukungan dalam bentuk B1KWK pada Jumat (5/1) nanti.


Setidaknya pasangan ini telah memenuhi persyaratan 20 persen suara atau setara dengan 20 kursi untuk mengusung cagub dan cawagub di Jatim. Karena setidaknya partai yang mendukung Khofifah-Emil telah memiliki 26 kursi.

Sementara itu, pasangan Gus Ipul-Anas diusung PDIP dan PKB. Kedua partai ini memiliki 39 kursi anggota DPRD Jatim.

Namun, belakangan waktu muncul nama-nama lain yang disebut akan ikunt berkontestasi di Pilgub Jatim. Di antara nama tersebut yakni mantan pembalap Moreno Suprapto.


Nama Moreno pertama kali dipromosikan Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad. Ketum Gerindra Prabowo Subianto menyambut baik promosi Dasco. Prabowo menyebut tengah membicarakan kemungkinan pengusungan Moreno dan alternatif lainnya di Pilgub Jatim bersama beberapa partai, seperti PAN dan PKS.

PAN sendiri mencoba mengusulkan nama lain sebagai alternatif, yakni Anang Hermansyah dan Bupati Bojonegoro Suyoto. Penyanyi yang juga anggota DPR F-PAN ini ikut dipertimbangkan lewat hasil-hasil survei yang dilakukan.

Nama lain yang ikut meramaikan bursa Pilgub Jatim ialah anak Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid. Perempuan bernama lengkap Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid ramai dikabarkan akan diusung sebagai cagub oleh Gerindra, PAN, dan PKS.


Adanya poros baru di Pilgub Jatim memang tengah dipertimbangkan oleh PKS. PKS berniat untuk memunculkan nama baru selain Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Anas.

"Jadi kalau memang kami harus memilih di antara yang ada saat ini, PKS cenderung memilih ke Gus Ipul. PAN kalau harus memilih dua yang sekarang. Dua-duanya teman saya, Khofifah teman saya, Gus Ipul teman saya," tutur Presiden PKS Sohibul Iman kepada wartawan di Hotel Aston, Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan, Selasa (2/1).

"Makanya mending bikin poros baru. Gerindra gimana Gerindra? Prabowo bilangnya, 'Kalau memang tidak ada poros baru, sudahlah saya ikut PKS saja.' Makanya jadi belum clear yang di Jatim ini," tambah Sohibul menceritakan alotnya pembahasan Pilgub Jatim.

Menjelang injury time atau masa pendaftaran cagub/cawagub pada tanggal 8-10 Januari nanti, mungkinkah muncul pasangan calon ketiga di Pilgub Jatim?
(jbr/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed