DetikNews
Selasa 02 Januari 2018, 00:42 WIB

Hingga Tengah Malam, Tol Cikampek Arah ke Jakarta Masih Padat

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Hingga Tengah Malam, Tol Cikampek Arah ke Jakarta Masih Padat Ilustrasi macet mudik malam hari (detikcom).
Jakarta - Tengah malam ini, lalu lintas di Tol Cikampek yang mengarah ke Jakarta masih padat. Kondisi ini sudah berjalan lebih dari 3 jam.

"Lalu lintas Tol Cikampek masih padat. Sebelum rest area sekitar KM 72 hingga KM 41," ucap Petugas Operator Jasa Marga, Seto saat dihubungi detikcom, Selasa (2/1/2018), sekitar pukul 00.10 WIB.

Kondisi ini masih sama dengan pukul 21.00 WIB tadi, beberapa jam usai diberlakukannnya contraflow atau rekayasa lalu lintas melawan arus di KM 65 hingga KM 41. Beberapa titik yang mengalami kepadatan antara lain KM 71 sampai KM 66 yang merupakan titik pertemuan dengan Tol Purbaleunyi.

Kepadatan juga terjadi di KM 61 sebelum masuk rest area. Selain itu, kepadatan kembali terjadi di KM 53 sampai KM 46 (Karawang Barat) akibat penyempitan karena pembangunan jalan layang Tol Jakarta-Cikampek, serta KM 44 hingga KM 41 karena volume kendaraan.

Walau demikian, ada pula jalur yang mengalami perubahan. Seto menyebut kepadatan arus dari Bandung menuju Jakarta yang melalui Tol Cipularang sudah terurai. Tampak di titik pertemuan dengan Tol Cikampek, kendaraan yang masuk ke tol tersebut berkurang. Namun, begitu masuk ke jalur Tol Cikampek, lagi-lagi kendaraan kembali melambat karena macet.

"Dari Cipularang saat ini kepadatannya dari KM 68 hingga KM 41 Karawang Barat. Bisa jadi karena volume kendaraan berkurang," kata Seto.

Malam ini diprediksi sebagai puncak arus balik usai libur Natal dan Tahun Baru 2018. Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa memperkirakan akan ada 170 ribu kendaraan yang masuk ke Jakarta.
(nif/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed