DetikNews
Kamis 21 Desember 2017, 01:29 WIB

Pilgub Jatim 2018

Tak Dapat Kejelasan dari PAN, La Nyalla Kirim Surat ke Prabowo

Rois Jajeli - detikNews
Tak Dapat Kejelasan dari PAN, La Nyalla Kirim Surat ke Prabowo Foto: Adhar Muttaqin-detikcom
FOKUS BERITA: La Nyalla Vs Prabowo
Surabaya - La Nyalla Matalitti mengirimkan surat kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Surat tersebut berupa pengembalian mandat terkait pencalonan dirinya di Pilgub Jatim 2018. La Nyalla mengatakan dirinya tak kunjung mendapat kejelasan dari PAN.

Di dalam surat, La Nyalla menulis dirinya telah melakukan komunikasi dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Namun hingga kini belum ada keputusan dari PAN apakah akan mengusung dirinya atau tidak.

"Memang benar, surat itu saya yang membuat. Deadlock dan saya serahkan (pencalonannya) ke Pak Prabowo," kata La Nyalla saat dihubungi detikcom, Kamis (21/12/2017).

La Nyalla bertemu dengan Zulkifli di ruang kerja ketua MPR pada Rabu (20/12/2017). Dia diantar oleh pendiri PAN, Amien Rais untuk bertemu Zulkifli.

Hanya sebentar saja Amien Rais 'membuka' pertemuan antara La Nyalla dengan Zulkifli. Kemudian, Amien meninggalkan ruang tersebut dan menyerahkan kepada kedua orang tersebut untuk membahas Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 mendatang.

"Saya ditinggal sama Pak Amien, dan disuruh ngobrol berdua (dengan Zulkifli Hasan). Pak Amien mengatakan kepada Pak Zul, supaya maju dengan poros sendiri di Pilgub Jatim," ujarnya.

Dari hasil pembicaraan yang berlangsung singkat itu, La Nyalla sangat kecewa sekali, karena dirinya merasa dipimpong oleh Ketum PAN. Alasannya, Zulkifli menyerahkan persoalan rekomendasi Pilgub Jatim ke Ketua DPW PAN Jatim Masfuk. Serta mantan Ketua DPW PAN Jatim, yang sekarang Bupati Bojonegoro Suyoto.

"Intinya, (rekomendasi Pilgub Jatim) dikembalikan ke bawah. Padahal di satu sisi, dia telepon ke Pak Yoto, untuk mencalonkan gubernur. Di satu sisi, dikembalikan ke DPW," ujarnya.


Berikut isi surat La Nyalla kepada Prabowo:

Ketua Umum Partai Gerindra
Bapak Prabowo Subianto

Di Jakarta


Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Seiring dengan berakhirnya batas waktu surat penugasan kepada saya untuk melakukan upaya politik dengan mencari dukungan koalisi partai pengusung di Pilgub Jatim, maka perlu saya sampaikan beberapa hal di bawah ini:

Saya telah berupaya menjalin komunikasi politik dengan Partai Amanat Nasional (PAN) guna memenuhi syarat pencalonan.

Saya juga telah bertemu dan berkomunikasi langsung dengan Ketua Umum PAN, Saudara Zulkifli Hasan.

Hingga batas waktu penugasan dari Partai Gerindra, belum ada keputusan dan sikap politik dari Ketua Umum PAN, Saudara Zulkifli Hasan terkait diri saya.

Atas hal tersebut, saya kembalikan mandat penugasan tersebut kepada Bapak selaku pemberi tugas.

Selanjutnya, sebagai kader, saya serahkan semua keputusan politik kepada Partai Gerindra.

Demikian surat ini saya sampaikan. Terima kasih.


Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Jakarta, 21 Desember 2017

La Nyalla Mahmud Mattalitti
(roi/nkn)
FOKUS BERITA: La Nyalla Vs Prabowo
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed