DetikNews
Senin 18 Desember 2017, 02:01 WIB

Golkar Batal Usung Ridwan Kamil, PKB Jabar: Kompromi Masih Bisa

Mukhlis Dinillah - detikNews
Golkar Batal Usung Ridwan Kamil, PKB Jabar: Kompromi Masih Bisa Ketua PKB Jabar Syaiful Huda. Foto: Mukhlis Dinillah
Bandung - Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda menilai sikap yang diambil Golkar untuk mencabut dukungan atas Ridwan Kamil di Pilkada Jawa Barat merupakan bagian dari dinamika politik. Sehingga, sambung dia, masih ada ruang-ruang yang memungkinkan Golkar kembali bergabung di koalisi.

"Kita memahaminya sebagai sebuah dinamika. Masih ada ruang koalisi bergabung kembali," ucap Huda saat dihubungi detikcom melalui sambungan telepon, Minggu malam (17/12/2017).

Menurutnya pencabutan dukungan ini karena berlarut-larutnya proses penentuan pendamping Ridwan Kamil. Sebab, sambung dia, Golkar juga sudah memberikan tenggat waktu kepada Ridwan Kamil beberapa waktu lalu.

"Kalau melihat surat, faktor Emil belum mengambil Daniel (Muttaqien) dari deadline yang diberikan. Artinya, ini hanya soal timing Emil yang belum memutuskan. Berbeda konteks kalau Emil menentukan pilihan," jelas dia.

Ia mengatakan, peluang Golkar bersama dalam koalisi masih sangat terbuka. Pasalnya, sambung dia, masih ada proses-proses kompromi yang bisa dilakukan antara Ridwan Kamil dengan partai pimpinan Airlangga Hartarto tersebut.

"Konteks pilkada sangat dinamis, masih akan ada kejutan. Opsi kompromi masih mungkin bisa dibangun bersama (Emil dan Golkar)," ungkap Huda.
(bag/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed