DetikNews
Minggu 17 Desember 2017, 19:42 WIB

Idrus Yakin Tak Ada Kader Lain Maju Jadi Caketum

Haris Fadhil - detikNews
Idrus Yakin Tak Ada Kader Lain Maju Jadi Caketum Idrus Marham (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Sekjen Partai Golkar Idrus Marham meyakini tidak ada lagi kader Golkar yang ingin maju menjadi calon ketua umum di Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub). Menurutnya, saat ini dukungan sebagai ketua umum telah secara penuh dimiliki Airlangga Hartarto.

"DPD Golkar provinsi ada 34, ada sembilan Ormas Hasta Karya, ada dewan pembina, dewan kehormatan, dewan pakar, meskipun dibuka dan pasti dibuka saya punya keyakinan orang yang bisa membaca realitas politik, yang bisa baca peta pemilih saya yakin tidak maju," kata Idrus di Kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Jakarta Barat, Minggu (17/12/2017).

Menurutnya saat ini kesepakatan soal Ketua Umum Partai Golkar sudah jelas. Dia juga memproyeksikan peta politik saat Munaslub juga tidak akan berubah.

"Ngapain pura-pura padahal kita sudah tahu. Sudah jelas ini barang, kesepakatan sudah jelas," ujarnya.

"Seluruh skenario yang ada dalam rangka memperkuat aspirasi pemegang suara, kalau sudah memperkuat berarti proyeksinya tidak akan berubah lagi. Kalau sudah tidak berubah berarti peta politiknya tetap," sambung Idrus.

Sebelumnya, terkait kemungkinan adanya calon ketum lain saat Munaslub, Airlangga Hartarto enggan menanggapinya. Ia hanya menyebut saat ini dirinya telah memenuhi syarat dukungan menjadi ketua umum.

"Sudah 34 dari 34 DPD I menyatakan dukungan, dan sudah lebih dari 80 persen menyatakan dukungan. Selururuhnya berproses melalui AD/ART diputuskan melalui rapat pleno masing-masing dan sudah ada berita acaranya," ucap Airlangga.

Idrus sendiri sebelumnya juga sempat berniat maju menjadi calon ketua umum Golkar. Selain dia, Aziz Syamsuddin juga sempat niat maju jadi caketum usai tak jadi jadi calon Ketua DPR pengganti Novanto. Namun Aziz mengurungkan niatnya maju di Munaslub, soalnya dia tak ingin Golkar gaduh.

Siti Hediati Harijadi alias Titiek Soeharto bahkan berniat mengembalikan marwah trah Soeharto di Golkar. Di kediaman Jalan Cendana, pada 9 Desember, Titiek menyatakan ingin maju menjadi caketum Golkar.


(dnu/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed