DetikNews
Minggu 17 Desember 2017, 13:42 WIB

Tingkatkan Kepatuhan Uji Emisi, Pemprov DKI Gaet Bengkel Swasta

Mochamad Zhacky - detikNews
Tingkatkan Kepatuhan Uji Emisi, Pemprov DKI Gaet Bengkel Swasta Ilustrasi uji emisi (Foto: Ari Saputra-detikcom)
Jakarta - Pemprov DKI Jakarta sedang berupaya meningkatkan kepatuhan uji emisi kendaraan bermotor, khusus untuk roda empat. Kadis Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Aji mengatakan akan bekerja sama bengkel-bengkel swasta.

Isnawa menjelaskan nantinya setiap bengkel yang kerja sama dengan Pemprov DKI akan mewajibkan kendaraan menguji emisi sewaktu servis. Nantinya juga akan dibuat suatu sistem elektronik yang dapat mengintegrasikan data uji emisi dengan server milik Dinas Lingkungan Hidup.

"Pada saat melakukan servis kendaraan bermotor di bengkel-bengkel mereka juga bisa langsung melakukan uji emisi kendaraan. Otomatis pada saat mereka melakukan uji emisi di bengkel-bengkel yang tersertifikasi oleh kami, nantinya data kendaraan tersebut akan masuk ke dalam server kami di Dinas Lingkungan Hidup," kata Isnawa saat acara uji emisi gratis, Jl Benyamin Sueb, Pademangan Timur, Jakarta Utara, Minggu (17/12/2017).

Isnawa menuturkan akan ada 200 ribu lebih bengkel yang akan bekerja sama. Namun, sebelum itu, pihaknya bakal membahas program kerja sama ini dengan lembaga lain seperti Samsat dan Ditlantas Polda Metro Jaya.

"Hampir sekitar 287 ribu bengkel akan disertifikasi semua. Kami baru memulai rapat. Artinya kami akan bekerjasama dengan Samsat dengan Polda Dirlantas. Kami akan rapat kan dulu untuk meyakinkan ini," terang Isnawa.




Selama ini, sambung Isnawa, banyak warga Jakarta yang tidak patuh untuk mengisi emisi kendaraannya. Maka itu, untuk mendorong kepatuhan warga soal uji emisi ini akan dituangkan dalam Peraturan Gubernur (Pergub).

"Karena selama ini sifatnya hanya imbauan, masih banyak warga yang belum menganggap arti penting dari uji emisi kendaraan. Saya yakin tahun depan bisa dimulai. Karena Pak Gubernur juga tidak ingin lama-lama mungkin bisa Pergub," tutupnya.

Pagi tadi Pemprov DKI Jakarta menggelar acara uji emisi gratis untuk kendaraan roda empat atau lebih. Kegiatan itu digelar di Jl Benyamin Sueb dan dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
(zak/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed