DetikNews
Minggu 17 Desember 2017, 10:36 WIB

Buka Uji Emisi Gratis, Anies: Pencemaran Udara Harus Dikurangi

Mochamad Zhacky - detikNews
Buka Uji Emisi Gratis, Anies: Pencemaran Udara Harus Dikurangi Foto: Uji emisi di Kemayoran (Zhacky-detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadiri acara uji emisi gratis di Kemayoran. Acara uji emisi itu diinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.

Anies tiba di lokasi uji emisi, di bundaran patung ondel-ondel, Jl Benyamin Sueb, Pademangan Timur, Jakarta Utara, Minggu (17/12/2017), sekitar pukul 08.38 WIB. Dia memakai kaos putih bertuliskan uji emisi, celana jeans biru dan sandal.

"Kita meluncurkan sebuah program untuk uji emisi kendaraan bermotor secara gratis di Kemayoran. Kita buka mulai jam sekarang ini sampai dengan jam 3 sore. Jadi kita berharap warga Jakarta semakin menyadari pentingnya menjaga lingkungan hidup," kata Anies saat membuka kegiatan uji emisi gratis.

Anies mengatakan bagi warga yang ikut dalam kegiatan ini, tak hanya sekadar menyelamatkan kendaraannya, tapi juga menyelamatkan Jakarta dari polusi udara. Warga Ibu Kota, sambung dia, harus bersama-sama memastikan potensi pencemaran udara di Jakarta berkurang.

"Ini bukan sekadar mentaati peraturan, ini adalah perlindungan atas lingkungan hidup ini yang kemudian tempat kita menghirup udara, tempat kita mendapatkan air, tempat kita berkegiatan. Karenanya kita harus memastikan bahwa semua potensi pencemar baik itu air baik itu udara itu bisa dikurangi," papar Anies.


Buka Uji Emisi Gratis, Anies: Pencemaran Udara Harus DikurangiFoto: Uji emisi di Kemayoran (Zhacky-detikcom)






Dalam kegiatan uji emisi gratis ini hadir pula Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Aji dan Wali Kota Jakarta Pusat, Manggara Pardede. Sempat terlihat pula tadi Kadis Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah.

Pantauan di lokasi, tak hanya mobil pribadi yang diuji emisinya. Ada beberapa mobil pengangkut sampah milik Pemprov DKI Jakarta yang diuji.
(zak/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed