DetikNews
Sabtu 16 Desember 2017, 07:42 WIB

BNPB: 2 Orang Tewas dan 7 Luka Akibat Gempa Tasikmalaya

Ahmad Bil Wahid - detikNews
BNPB: 2 Orang Tewas dan 7 Luka Akibat Gempa Tasikmalaya Foto: Ahmad Masaul Khoiri/detikcom
Jakarta - Sebanyak 2 orang tewas akibat gempa 6,9 SR yang mengguncang wilayah selatan Jawa. Gempa juga mecederai 7 orang lainya akibat tertimpa bangunan.

"Data sementara yang dihimpun Pusdalops BNPB berdasarkan laporan BPBD, dampak gempabumi terdapat 2 orang meninggal dunia, 7 orang luka," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam ketarangannya, Sabtu (16/12/2017).


[Gambas:Video 20detik]


Dua korban meninggal dunia adalah Hj. Dede Lutfi (62) warga Desa Gunungsahari RT 04 RW02 Kecamatan Sadananya Kabupaten Ciamis, dan Ibu Aminah (80) waga Sugihwaras Gg. 1 RT 02 RW 18 Kelurahan Kauman Kota Pekalongan. Kedua korban meninggal tertimbun tembok yang roboh akibat gempa.

"Dampak gempa di wilayah Jawa Barat adalah 1 orang meninggal dunia, 6 orang luka-luka, 17 rumah rusak berat, 59 rumah rusak sedang, dan 10 rumah rusak ringan. Sedangkan di Jawa Tengah, 1 orang meninggal dunia, 1 orang luka berat, 26 rumah rusak berat dan roboh, dan 6 rumah rusak sedang," lanjut Sutopo.


[Gambas:Video 20detik]


Gempa 6,9 SR yang terpusat di Tasikmalaya terjadi pada Jumat malam pukul 23.47 WIB. Getaran gempa dirasakan hingga ke wilayah Jawa Timur.

BMKG juga sempat mengeluarkan peringatan dini Tsunami. Namun 2 jam setelah gempa peringatan itu resmi diakhiri.
(abw/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed