DetikNews
Senin 11 Desember 2017, 12:17 WIB

JK ke Wali Kota: Jangan Piala yang Dijual, tapi Hasil Kerja

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
JK ke Wali Kota: Jangan Piala yang Dijual, tapi Hasil Kerja Wapres Jusuf Kalla. (Rina Atriana/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta hasil pencapaian berupa piala penghargaan tidak menjadi jualan kepala daerah masyarakat. Bagi JK, yang terpenting adalah hasil kerja pimpinan daerah.

"Setiap saya kunjungi kota-kota atau kantor wali kota, kantor gubernur, selalu penuh mungkin berlemari-lemari pialanya. Mudah mudahan berlemari-lemari piala itu sejalan dengan kemajuan kota kita semuanya," kata JK dalam sambutannya dalam acara Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2017).

Meski melihat banyak piala, JK mengaku tiap hari mendengar informasi soal banjir, sampah, hingga sanitasi yang jelek. Kejadian-kejadian itu menjadi sindiran JK.

"Ada Adipura, bermacam-macam, koperasilah, transportasilah, semua, begitu banyak cabang cabangnya. Sehingga kadang wali kota lebih banyak ada di Jakarta melihat piala dibanding kampungnya," kata JK yang disambut tawa hadirin.

Meski menganggap piala sebagai bentuk keberhasilan untuk mencitrakan kisah sukses, menurut JK, yang terpenting adalah hasil kerja yang digaungkan.

"Tapi jangan pialanya yang dijual, tapi apa yang dilaksanakan yang dijual," tegas JK.

"Apalagi piala ini penting untuk para wali kota yang yang jelang pilkada kedua kan contohnya. Kalau yang sudah kedua (kali menjabat) kadang-kadang tak terlalu penting lagi. Tapi yang mau kedua, jelang nanti Juni tentu pulang ke daerah, diaturlah dengan konvoi mobil mengayunkan piala ini. Tentu itu penting ya," sambungnya.

JK kembali menekankan yang paling penting adalah pelaksanaan program kerja yang smart.

"Dibanding sistem, sistem itu hanya tools. Hasil yang akan dinikmati adalah output-nya apa," ujarnya.
(fiq/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed