detikNews
Minggu 10 Desember 2017, 11:39 WIB

Novanto Tunjuk Aziz Ketua DPR, Wasekjen Golkar: Harusnya Lewat Pleno

Aditya Mardiastuti - detikNews
Novanto Tunjuk Aziz Ketua DPR, Wasekjen Golkar: Harusnya Lewat Pleno Wasekjen Golkar Sarmuji (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta - Setya Novanto disebut telah mengirimkan surat pengunduran dirinya dan menunjuk Aziz Syamsuddin sebagai Ketua DPR. Wasekjen Golkar Muhammad Sarmuji mengaku belum mengetahui isi surat tersebut.

"Saya sejujurnya tidak tahu karena belum melihat surat itu. Surat itu ditujukan ke siapa," kata Sarmuji saat dihubungi via telepon, Minggu (10/12/2017).

Sarmuji mengatakan siapapun berhak mengusulkan calon Ketua DPR. Namun, menurutnya sebaiknya usulan itu dibahas dalam rapat pleno.

"Sebenarnya siapapun boleh mengusulkan, partai kita boleh apalagi ketum yang mengusulkan. Tetapi semua usulan harusnya diproses melalui sistem keorganisasian kita. Kalau ada surat sebaiknya diadakan rapat pleno dan diputuskan dalam rapat pleno," urainya.

Sarmuji menyebut rapat pleno Golkar terakhir berlangsung pada 21 November lalu. Saat itu diputuskan penggantian Ketua DPR ditetapkan setelah proses praperadilan Novanto selesai.

"Belum pernah ada pleno, terakhir 21 November. Dan itu salah satu poinnya adalah poin ke-5 itu perumusan keputusan penggantian ketua DPR itu diputuskan setelah praperadilan. Setahu saya itu belum berubah, jadi saya tidak tahu kalau hal-hal yang lain," jelas Sarmuji.

Anggota Komisi XI DPR itu menilai langkah Aziz Syamsuddin sebagai Ketua DPR lebih mulus jika sudah diputuskan melalui hasil rapat Pleno Golkar. Jika mengantongi izin resmi partai, menurutnya Aziz tentu lebih bahagia menjabat Ketua DPR.

"Kalau ada rapat pleno ini kan jadi keputusan resmi partai. Sebenarnya malam ini diundang rapat pleno juga bisa, supaya dapat persetujuan. Kalau disetujui kan lebih enak langkahnya, jadi Ketua DPR atas keputusan rapat pleno kan lebih membahagiakan," tutur Sarmuji.



(ams/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com