DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 22:11 WIB

Diterkam Beruang, Seorang Petani Karet Alami Patah Tulang Hidung

Raja Adil Siregar - detikNews
Diterkam Beruang, Seorang Petani Karet Alami Patah Tulang Hidung Korban saat menjalani perawatan medis (dok. Istimewa)
Palembang - Nopi Elviana (34), seorang petani karet, terpaksa menjalani perawatan medis di RS Rupit. Evi mengalami patah tulang hidung dan luka bekas cakaran setelah diterkam 2 ekor beruang.

Dari informasi yang diterima detikcom, peristiwa nahas terjadi pada pagi ini sekitar pukul 07.00 WIB di Desa Lubak Rumbai, Kecamatan Rumpit, Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumatera Selatan. Saat itu, korban sedang menyadap karet (menderes) bersama beberapa warga sekitar.

Setelah menyadap, korban melihat ada seekor binatang yang datang melalui semak belukar. Karena curiga, korban mendatangi dan berencana mengusir binatang tersebut.

"Jadi Evi ini rencananya mau ngusir binatang yang ada di semak-semak, ternyata yang keluar malah dua ekor beruang madu dan langsung menerkam. Karena beruangnya besar, saya tidak berani menolong," terang Desi, salah seorang saksi mata yang melihat Evi diterkam beruang, Kamis (7/11/2017).

Dilanjutkan Desi, beruntung saat dirinya berteriak minta tolong datang 6 ekor anjing milik warga sekitar dan langsung menghalau kedua beruang tersebut. Korban akhirnya dapat diselamatkan dan langsung dilarikan ke RS Rumpit untuk menjalani perawatan medis.

"Sudah dirawat sekarang, lukanya itu pada bagian tulang hidung patah dan banyak luka bekas dicakar beruang," kata Desi.

Desi mengakui kawasan tersebut memang banyak semak belukar. Diduga dua ekor beruang masuk ke perkebunan warga karena ingin mencari makan dan merasa terganggu habitatnya.

Sementara itu, Adi Asgara awalnya tidak percaya saat mendapat kabar bahwa istrinya diterkam beruang. Saat tiba di lokasi, ternyata benar istrinya sudah bersimbah darah.

"Awalnya saya tidak percaya kalau istri diterkam beruang, setelah sampai dan melihat saya jiga langsung kaget dan bawa ke rumah sakit. Alhamdulillah saat ini kondisinya sudah membaik," katanya.
(nvl/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed