DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 15:39 WIB

Berkas Tuntutan Andi Narogong 3 Ribu Lembar Lebih

Faiq Hidayat - detikNews
Berkas Tuntutan Andi Narogong 3 Ribu Lembar Lebih Suasana sidang Andi Narogong (Foto: Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Jaksa KPK akan membacakan surat tuntutan untuk terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong dalam perkara korupsi proyek e-KTP. Tebal surat tuntutan mencapai 3.127 halaman.

"Bagaimana pak jaksa sudah bisa dimulai?" tanya hakim ketua Jhon Halasan Butarbutar saat sidang di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta, Kamis (7/12/201).

"Bisa pak ini," jawab jaksa KPK Wawan Sunaryanto.

"Sebelum kami bacakan ada yang perlu kami sampaikan bahwa tuntutan ini kami susun terdiri dari 3.197 halaman sehingga kita mohon yang mulia tidak dibacakan semua. Untuk analisis yuridis kita akan bacakan semua," imbuh Wawan.

Saat ini jaksa sedang membacakan surat tuntutan perkara korupsi proyek e-KTP. Sedangkan Andi Narogong hanya menunduk saat jaksa KPK membacakan surat tuntutan ini.

Dalam kasus ini, pengusaha Andi Narogong didakwa melakukan korupsi pada proyek pengadaan e-KTP mulai dari penganggaran hingga proses pengadaan barang dan jasa. Andi didakwa korupsi bersama-sama dengan Setya Novanto dan orang lainnya yakni Irman, Sugiharto, Isnu Edhi Wijaya, Diah Anggraini dan Drajat Wisnu Setyawan.

Atas perbuatannya, Andi didakwa memperkaya diri sendiri dan orang lain. Perbuatan Andi Narogong disebut jaksa telah merugikan keuangan negara sebesar Rp 2,3 triliun. Andi diduga melanggar Pasal 2 ayat 1 atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Video 20Detik: Ini Berkas Perkara Novanto, Dibawa Pakai Troli karena Banyak

[Gambas:Video 20detik]


(fai/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed