DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 14:22 WIB

Temui Anies, Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta Desak Setop Reklamasi

Mochamad Zhacky - detikNews
Temui Anies, Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta Desak Setop Reklamasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Mochammad Zhacky/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bertemu dengan Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta (KTSJ) di Balai Kota. Anies mendengarkan berbagai aspirasi KTSJ terkait proyek reklamasi.

"Siang ini saya menerima KTSJ. Mereka hadir sampaikan aspirasi terkait dengan persoalan reklamasi," kata Anies usai pertemuan, di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (7/12/2017).


Anies mengatakan berbagai aspirasi KTSJ akan menjadi bahan pertimbangan Pemprov DKI Jakarta. Kata dia, proses pembentukan tim penataan pesisir Jakarta tengah berjalan.

"Bahan-bahan itu akan menjadi bahan untuk menyusun kebijakan. Seperti diketahui, saat ini kami sedang dalam fase penyusunan tim yang nanti akan memfokuskan pada penataan pesisir pantai Jakarta," terang Anies.

]

Anggota KTSJ Tigor Hutapea mengatakan memberi masukan ke Anies supaya proyek reklamasi dihentikan. Salah satu masukan KTSJ, Anies harus memerintahkan jajarannya menghentikan pengerjaan proyek di atas pulau hasil reklamasi.

KTSJ juga meminta Anies mencabut izin reklamasi yang ditertibkan oleh gubernur sebelumnya. Bahkan, KTSJ juga mendorong mantan Mendikbud melakukan upaya hukum.


"Kemudian juga menghentikan seluruh jalannya aktivitas yang ada di pulau C dan D, bangunan-bangunan yang ada. Perlu ada suatu langkah hukum pemberian sanksi atau penindakan hukum terkait bangunan yang ada," papar Tigor.

"Kemudian ada juga Pergub yang mengatur tentang tata ruang bangunannya itu. Kami berharap itu dicabut sehingga tidak ada dasar lagi bagi pengembang menjalankan bangunan-bangunan yang ada di sana, dan beberapa izin reklamasi itu bisa dicabut," imbuhnya.
(zak/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed