DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 12:49 WIB

Jenderal Gatot ke Prajurit Kostrad: TNI Harus Netral!

Audrey Santoso - detikNews
Jenderal Gatot ke Prajurit Kostrad: TNI Harus Netral! Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo. (Foto: Pool)
Jakarta - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengingatkan kepada prajurit Kostrad untuk selalu menjaga netralitas. Gatot meminta prajurit Kostrad mengambil sikap bila ada pihak yang ingin 'menjual' Kostrad.

"Ini saya ingatkan, saya ingatkan, siapa pun yang memimpin kalian, amati dia. Kalau sudah dia kelihatan akan menjual Kostrad, bersikap kalian! Tidak boleh TNI kemana-mana. TNI harus netral. Biar semuanya bisa dibeli, Kostrad tidak bisa dibeli, TNI AD tidak bisa dibeli, TNI tidak bisa dibeli," ujar Gatot di Lapangan Markas Kostrad Divisi I Cilodong, Depok, Jawa Barat, Kamis (7/12/2017).


Gatot mengingatkan, tantangan yang dihadapi TNI ke depannya semakin sulit. Terlebih, tahun depan sudah memasuki tahun politik.

"Saya ingatkan bahwa tantangan tugas ke depan bukan semakin ringan. Mengapa demikian? Tahun ke depan adalah tahun politik. Pada saat kepercayaan masyarakat kepada tni tinggi, di situlah tantangan terberat," terang eks KSAD ini.


Gatot mengatakan tantangan untuk TNI bersikap netral dalam hal politik lebih berat daripada tantangan TNI memenangkan sebuah pertempuran di medan perang.

"Kalau kalian menghadapi musuh di pertempuran, saya yakin di hatimu itu seperti rekreasi, berwisata, kalian berebut tugas operasi. Kalian bisa mengatasinya karena itu tugas prajurit. Tetapi ingat, banyak yang ingin berusaha mendekati kalian, apalagi kalian satuan terbesar terkuat. Kalau bisa membeli kalian," ujar Gatot.
(aud/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed