DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 12:22 WIB

Usai ke SD Eks Kandang Kerbau, KPAI akan Surati Presiden

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Usai ke SD Eks Kandang Kerbau, KPAI akan Surati Presiden Komisioner KPAI Retno Listyarti meninjau SD di bekas kandang kerbau. (Bahtiar/detikcom)
Serang - Kondisi SD eks bekas kandang kerbau di Serang dinilai oleh Komisi Perlindangan Anak Indonesia (KPAI) tidak sesuai dengan standar pendidikan nasional. Kondisi bangunan dan lingkungan dinilai tidak layak sebagai tempat pembelajaran siswa.

Setelah berkunjung ke SD Sadah, komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti mengatakan akan melakukan analisis dan mengirimkan surat secara resmi. Surat tersebut akan dikirim ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan tembusan Presiden Jokowi, Gubernur Banten Wahidin Halim, dan Bupati Serang Tatu Chasanah.

"Kami habis ini akan lakukan analisis, berikutnya akan menulis surat resmi untuk tindak lanjut terkait ini (SD Sadah)," kata Retno kepada wartawan di Ciruas, Kabupaten Serang, Banten, Kamis (7/12/2017).

Dalam surat tersebut, KPAI, menurutnya, terlebih dahulu meminta akan mendorong pembebasan tanah untuk SD Sadah yang memprihatinkan kepada pemda Serang. Pemerintah pusat dan Pemprov Banten diminta membantu, seperti pembangunan gedung.

"Kita akan dorong seperti itu," katanya.

Sebagai daerah yang dekat dengan Ibu Kota Jakarta, menurut Retno, SD Sadah adalah salah satu sekolah negeri yang kondisinya parah. Padahal jarak Jakarta dengan lokasi sekolah diperkirakan hanya 65 km.

"Sepanjang saya menjadi KPAI, ini memang yang paling parah dari kondisi sekolah sebelumnya yang saya lihat dari berbagai daerah," katanya.
(bri/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed