DetikNews
Rabu 06 Desember 2017, 18:10 WIB

2 Balita di Serang Meninggal karena Difteri

Bahtiar Rifa'i - detikNews
2 Balita di Serang Meninggal karena Difteri Ilustrasi (Foto: dok. Thinkstock)
Serang - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang Sri Nurhayati mengatakan, selama 2017, ada 12 kasus difteri di daerahnya. Sebanyak 9 orang dinyatakan sembuh, 1 orang masih dilakukan perawatan, dan 2 orang meninggal.

"Ini memang 12 kasus difteri. Alhamdulillah, 9 itu sudah sembuh pulang, kemudian 1 masih dirawat, 2 terus terang meninggal," kata Sri Nurhayati saat berbincang dengan detikcom di Kabupaten Serang, Banten, Rabu (6/12/2017).

Kasus difteri tersebut, Sri mengatakan, tersebar di tujuh kecamatan, yaitu Kragilan, Ciruas, Lebak Wangi, Padarincang, Baros, Jawilan, dan Cikande. Saat kasus ini muncul, Dinas Kesehatan, menurutnya, langsung melakukan ORI atau outbreak response immunization warga untuk umur 1-18 tahun.

"Jadi, waktu awal, kita melakukan ORI di daerah yang ada kasusnya," ujarnya.

Sri mengatakan, seusai rapat dengan Kementerian Kesehatan mengenai wabah wabah difteri hari ini, selain Serang, daerah yang juga akan dilakukan imunisasi total ORI adalah Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kota Tangerang. Daerah tersebut, menurutnya, merupakan daerah di Banten yang ada wabah difterinya.

"ORI ini jadi kita lakukan imunisasi, jadi semua masyarakat itu 1-18 tahun kita lakukan imunisasi ulang," paparnya.

Imunisasi ini dilakukan setelah dilakukan pemantapan dengan dinas kesehatan tingkat Provinsi Banten pada minggu depan. Setelah itu, dilakukan persiapan di tingkat kabupaten sampai ke kecamatan untuk pelaksanaan imunisasi.

"Inilah, masyarakat harus sadar pentingnya imunisasi. Yang terkena kasus (di Kabupaten Serang) rata-rata belum imunisasi," ucapnya.

Di daerah lain, seperti Jawa Barat, kasus difteri tercatat sebanyak 116 kasus hingga 3 Desember 2017 dengan jumlah kematian 13 kasus.
(bri/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed