DetikNews
Sabtu 02 Desember 2017, 14:08 WIB

Soal Kasus Ahmad Dhani, Fadli Zon: Murni Kriminalisasi!

Mochamad Zhacky - detikNews
Soal Kasus Ahmad Dhani, Fadli Zon: Murni Kriminalisasi! Fadli Zon dan ACTA mendampingi Ahmad Dhani. (Dok Twitter @fadlizon)
Jakarta - Fadli Zon sempat menemani Ahmad Dhani, yang diperiksa di Polres Jakarta Selatan karena menjadi tersangka dalam kasus ujaran kebencian. Menurut Fadli, kasus Ahmad Dhani merupakan bentuk kriminalisasi.

"Nah kalau kasus Ahmad Dhani ini murni kriminalisasi. Masak orang bikin tweet begitu, itu tidak bicara orangnya, tidak bicara agamanya, tidak bicara rasnya, seperti orang mengatakan pembunuh itu brengsek," ujar Fadli.

Hal tersebut dia sampaikan saat hendak meninggalkan lokasi Reuni 212 di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (2/12/2017). Fadli menuding ada pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan aparat dalam kasus Dhani tersebut.

[Gambas:Video 20detik]


"Menurut saya, itu mengada-ada. Dan itu cara-cara yang tidak menjadikan hukum sebagai panglima. Mungkin ada pihak tertentu menggunakan hukum sebagai alat kekuasaan dan alat untuk menakuti orang yang kritis. Itu tidak boleh," ujarnya.

"Sementara ada yang menulis dan mengancam membunuh, sampai sekarang belum ditindaklanjuti padahal jelas," imbuh Fadli.

Waketum Gerindra ini menilai penegakan hukum oleh aparat dilakukan dengan tebang pilih. Kasus Dhani itu, disebut Fadli, sebagai contohnya.

"Bagaimana pihak keamanan tebang pilih dan tidak menjadikan ini sebagai alat penegakan hukum," ucap Wakil Ketua DPR tersebut.


Seperti diketahui, Ahmad Dhani dipolisikan oleh Jack Boyd Lapian, mantan relawan Basuki T Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat. Dia melaporkan cuitan Dhani di Twitter yang menyebut penista agama wajib diludahi.

Atas perbuatannya, Ahmad Dhani diduga melanggar Tindak Pidana UU ITE Nomor 11 Tahun 2008 tentang ujaran kebencian. Ahmad Dhani diancam penjara paling lama enam tahun.

Dhani, yang menjadi tersangka ujaran kebencian, pun telah menjalani pemeriksaan selama sekitar 20 jam beberapa hari lalu. Saat diperiksa hingga berganti hari, kader Gerindra itu turut didampingi Fadli Zon dan tim pengacara dari ACTA.
(elz/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed