DetikNews
Kamis 23 November 2017, 14:23 WIB

Adat Marpangir, Kahiyang-Bobby akan Mandi Tinggalkan Masa Lajang

Danu Damarjati - detikNews
Adat Marpangir, Kahiyang-Bobby akan Mandi Tinggalkan Masa Lajang Replika jeram sungai yang disiapkan (Andhika Prasetia/detikcom)
FOKUS BERITA: Pernikahan Kahiyang Ayu
Medan - Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu Siregar akan menjalani serangkaian prosesi pernikahan adat Mandailing. Salah satunya mandi melepas masa lajang.

Terlihat di lingkungan rumah Bobby di Perumahan Bukit Hijau Regency, Taman Setia Budi (BHR Tasbi), Asam Kumbang, Medan, Kamis (23/11/2017), ada semacam replika aliran sungai yang disiapkan.

Bentuknya adalah replika jeram sungai setinggi 1,5 meter. Ada batu-batu yang disusun. Benda ini nantinya bakal dialiri air.

Tempat ini dinamakan Tapian Raya Na Martua, yang akan menjadi lokasi prosesi adat mandi, yang dalam istilah Mandailing disebut sebagai 'marpangir'.


"Maknanya adalah menghanyutkan masa lajang Bobby dan Kahiyang," kata paman Bobby, Erwan Nasution, di dekat lokasi.

Bobby dan Kahiyang akan menyiram badannya di sini. Akan teriring pula doa selamat menempuh hidup baru dan mendapat keturunan yang baik.

Selanjutnya, Bobby dan Kahiyang akan diarak ke gelanggang. Mereka akan menjalani proses penabalan gelar adat. Rangkaian itu akan dilakukan pada Sabtu (25/11) mendatang.
(dnu/hri)
FOKUS BERITA: Pernikahan Kahiyang Ayu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed