DetikNews
Senin 20 November 2017, 13:54 WIB

Desmond Minta Setya Novanto Mundur dari Posisi Ketua DPR

Hary Lukita Wardani - detikNews
Desmond Minta Setya Novanto Mundur dari Posisi Ketua DPR Desmond J Mahesa (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Politikus Gerindra Desmond Junaidi Mahesa menyarankan Setya Novanto mundur dari posisi Ketua DPR. Citra DPR perlu dijaga.

"Nah, kalau menurut saya, dalam kondisi nasional seperti sekarang, saya bilang harusnya Pak Novanto meninggalkan haknya, kesadaran dia agar beban DPR tidak rusak, tidak memperburuk citra seolah-olah DPR itu bukan negarawan. Ini kan catatan yang tidak baik. Nah inilah menurut saya yang harus kita respons apa adanya," ujar Desmond di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (20/11/2017).


Desmond mengatakan tidak adanya Novanto sebenarnya tidak terlalu mengganggu kinerja DPR. Pimpinan DPR mempunyai sistem kerja kolektif kolegial.

"Sebenarnya tidak mengganggu karena Ketua DPR kan prinsip dasar cuma lalu lintas saja. Lalu lintas persidangan. Paripurna tanpa Ketua DPR nggak ada masalah mengambil keputusan karena ada empat yang lain," kata Wakil Ketua Komisi III DPR ini.


Sebelumnya, Setya Novanto telah menjalani pemeriksaan awal sebagai tersangka. Ketua DPR itu kini disebut lebih kooperatif.

"Informasi yang kami dapatkan dari penyidik, SN (Setya Novanto) telah bersedia menandatangani berita acara pencabutan pembantaran dan penahanan lanjutan. Pertanyaan yang diajukan pun direspons dengan wajar," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah ketika dimintai konfirmasi, Senin (20/11).
(lkw/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed