DetikNews
Senin 20 November 2017, 03:42 WIB

Novanto Tak Jelaskan Rinci Mobil Tabrak Tiang, Pengacara: Murni Kecelakaan

Mochamad Zhacky - detikNews
Novanto Tak Jelaskan Rinci Mobil Tabrak Tiang, Pengacara: Murni Kecelakaan Setya Novanto saat hendak dibawa ke Rutan KPK. (Foto: Grandyos Zafna/detikcom).
Jakarta - Ketua DPR sekaligus Ketum Golkar Setya Novanto menyebut kecelakaan mobil yang ditumpanginya membuat dia terluka. Tapi Novanto tidak menjelaskan rinci kejadian kecelakaan mobil menabrak tiang lampu di Jalan Permata Berlian, Jakarta itu.

Novanto diketahui tiba-tiba 'menghilang' di tengah pengejaran KPK. Saat tim penyidik mendatangi rumahnya pada Rabu (15/11) malam untuk melakukan penahanan, dia tidak diketahui keberadaannya.

Sehari setelahnya, Kamis (16/11), tiba-tiba Novanto muncul melalui sambungan telepon saat diwawancarai salah satu stasiun televisi. Dia menyatakan siap datang ke KPK malam itu.



Tak berselang lama dari wawancara tersebut, tiba-tiba Novanto disebut mengalami kecelakaan. Mobil yang ditumpanginya menabrak tiang lampu di Jl Permata Berlian, Jakarta Selatan.

Novanto lalu dibawa ke RS Medika Permata Hijau. Dia menyatakan mengalami kecelakaan dan terluka berat saat menuju Studio Metro TV sebelum mendatangi KPK.

"Di luar dugaan saya ada kecelakaan sehingga saya selain terluka, terluka berat dan juga di kaki dan di tangan dan juga di kepala masih memar," kata Novanto sebelum masuk mobil tahanan di lobi gedung KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (20/11/2017).


Namun Novanto tak menjelaskan secara rinci kronologis dari kecelakaan yang menyebabkan kondisinya mengalami luka-luka. Sejumlah pihak sempat mempertanyakan peristiwa kecelakaan yang dinilai janggal itu.

KPK pun memastikan akan memeriksa dengan seksama soal kronologis bagaimana bisa ketum Golkar itu mengalami kecelakaan. Tak hanya itu, KPK juga akan memeriksa orang-orang yang terkait dalam peristiwa tersebut.

Saat dimintai tanggapan mengenai hal ini, Novanto memilih diam. Namun penasihat hukum Novanto, Fredrich Yunadi, memastikan peristiwa yang dialami kliennya murni kecelakaan.


"Sudah ada keterangan daripada Polda, daripada Mabes (Polri) sendiri, bahwa murni kecelakaan dan tersangkanya sudah ada. Jadi jangan sampai ada yang mengatakan itu rekayasa ya," tutur Fredrich di lokasi yang sama.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Gerakan Muda Partai Golkar (GMPG) Ahmad Doli Kurnia menilai kecelakaan Novanto janggal. Ada beberapa kejanggalan yang disampaikan Doli. Menurutnya, kecelakaan yang menimpa Novanto termasuk ringan sehingga tak mungkin Ketum Golkar itu luka parah.

"Banyak sekali kejanggalan yang kita bisa saksikan dengan peristiwa kecelakaan SN tadi malam itu. Alasan terjadinya kecelakaan itu karena SN buru-buru mau ke KPK, padahal sehari sebelumnya SN menghilang karena menghindar jemput paksa," papar Doli, Jumat (17/11).


"Bila dilihat dari kerusakan mobilnya, itu masuk kategori kecelakaan ringan dan seperti dengan sengaja ditabrakkan. Jadi tidak ada yang bisa terluka parah dengan kecelakaan 'aneh' itu," sambungnya.

KPK pun tetap mencari tahu peristiwa kecelakaan mobil yang ditumpangi Setya Novanto. KPK bisa memanggil sejumlah orang sebagai saksi untuk mengetahui peristiwa kecelakaan.

Novanto Tak Jelaskan Rinci Mobil Tabrak Tiang, Pengacara: Murni KecelakaanFoto: Mobil Setya Novanto yang tabrak tiang. (Istimewa/detikcom).
"Bagaimana kondisi tersangka di sana bagaimana. Kita akan lihat kronologisnya juga bagaimana," kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah.

"Jika nanti dibutuhkan informasi-informasi terkait peristiwa Kamis malam itu, tentu tidak tertutup kemungkinan pihak-pihak yang ada di situ dipanggil sebagai saksi," tambahnya.
(elz/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed