DetikNews
Sabtu 18 November 2017, 08:39 WIB

Pimpin Apel di Monas, Anies Ingatkan 3 Kata Kunci Siaga Bencana

Ibnu Hariyanto - detikNews
Pimpin Apel di Monas, Anies Ingatkan 3 Kata Kunci Siaga Bencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin Apel Operasi Siaga Bencana Ibu Kota di lapangan Silang Monas. (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin Apel Operasi Siaga Bencana Ibu Kota di lapangan Silang Monas Selatan, Jakarta Pusat. Anies mengingatkan tiga kata kunci siaga bencana.

Apel dimulai sekitar pukul 07.50 WIB, Sabtu (18/11/2017). Anies pun sudah berada di podium memimpin apel. Apel diikuti ratusan petugas dari berbagai unsur, dari Polri, TNI, pemadam kebakaran DKI, Dinas Perhubungan DKI, hingga Satpol PP.

Selain itu, sejumlah kendaraan pendukung siaga bencana dipamerkan di lokasi apel. Kendaraan-kendaraan tersebut antara lain ambulans, light rescue, hingga backhoe.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno terlihat juga di lokasi. Sandi tiba ketika apel sedang berjalan sekitar pukul 08.00 WIB.

Anies mengingatkan kepada peserta apel 3 kata kata kunci dalam Operasi Siaga Bencana Ibu Kota.Anies mengingatkan peserta apel soal 3 kata kunci dalam Operasi Siaga Bencana Ibu Kota. (Ibnu Hariyanto/detikcom)

Dalam sambutannya, Anies mengatakan pentingnya menjaga Ibu Kota dari ancaman bencana, terlebih sudah memasuki musim hujan. Dia mengingatkan peserta apel soal 3 kata kunci dalam Operasi Siaga Bencana Ibu Kota.

"Izinkan saya menyampaikan 3 kata kunci operasi siaga bencana memiliki tiga aspek yang harus ingat sebaiknya," kata Anies.

Tiga kata tersebut adalah Siap, Tanggap, dan Galang. Anies lalu menerangkan arti ketiga kata tersebut kepada para peserta.

"Siap artinya kita semua harus siap siaga dalam semua aspek. Tanggap artinya harus respons cepat, tidak lempar tangan dan segera bertindak jika ada masalah. Galang artinya kita tidak bekerja sendiri, ajak semua," beber Anies.

Dia berharap operasi siaga bencana ini menjadi momentum membangun Jakarta lebih lestari. "Saya minta tulus ikhlas dan operasi siaga Ibu Kota ini sebagai momentum dalam membangun kota menjadi lestari, menjadi budaya, dan akan segera terlaksana dan tuntas," ujar dia.
(ibh/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed