DetikNews
Selasa 14 November 2017, 20:29 WIB

Soal Pinjaman Uang Sareh, Rohadi: Untuk Urus Perkara di MA

Nur Indah Fatmawati - detikNews
Soal Pinjaman Uang Sareh, Rohadi: Untuk Urus Perkara di MA Mantan panitera pengganti PN Jakarta Utara Rohadi (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Eks panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara Rohadi memberi pernyataan soal duit Rp 700 juta yang dipinjam dari anggota Komisi II DPR Sareh Wiyono. Menurutnya, ini terkait pengurusan perkara di Mahkamah Agung.

"Untuk urus perkara di Mahkamah Agung," kata Rohadi setelah diperiksa di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (14/11/2017).

Namun Rohadi tidak menyebutkan kaitan perkara yang dimaksud. "Yang sabar, dong, ada waktunya," jawabnya.

Rohadi juga sempat menyebut pemberian mobil Mitsubishi Pajero Sport bernopol B-104-ANA kepada Bupati Indramayu Anna Sophanah, yang merupakan istri mantan Bupati Indramayu Irianto MS Syafiuddin (Yance). Anna menggantikan suaminya sebagai bupati setelah Yance masuk tahanan karena perkara dugaan korupsi pembebasan lahan.

"Yang Pajero itu mengenai gratifikasi murni. Untuk Bupati Indramayu Anna Sophanah," katanya.

"Mengenai STNK-nya itu diterima oleh Saudara Daniel Mutaqien di Rumah Makan Sate Senayan, Kebon Sirih," jelas Rohadi.

Sareh yang disebut Rohadi menjadi saksi dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi pada Senin (31/10/2016). Dalam kesaksiannya, Sareh menceritakan, Rohadi pernah meminjam uang kepadanya. Namun Sareh menyerahkan peminjaman kepada pengacara Petrus Selestinus sebesar Rp 700 juta.

Selain itu, Rohadi meminjam uang berkali-kali kepada eks juru sita PN Jakarta Barat, Sitanggang. Nilai nominal setiap transaksi juga cukup besar, yakni Rp 300 juta, Rp 600 juta, Rp 900 juta, hingga Rp 1 miliar. Namun Rohadi mengaku tak pernah bertransaksi dengan Sitanggang dan Petrus maupun Sareh.

Dalam kasus lain, Rohadi dihukum 7 tahun penjara karena menerima suap untuk perkara Saipul Jamil. Rohadi kini kembali disangkakan dengan sangkaan pidana gratifikasi dan pencucian uang.
(nif/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed