DetikNews
Senin 06 November 2017, 20:46 WIB

PUPR Tawarkan Program Kerja Sama untuk Rumah DP Rp 0

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
PUPR Tawarkan Program Kerja Sama untuk Rumah DP Rp 0 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menawarkan kerja sama pembiayaan hunian terjangkau di Jakarta. Program tersebut disebut dapat diintegrasikan dengan program rumah DP Rp 0.

"Tadi bicara soal gagasan dari Kementerian PUPR, soal pembiayaan hunian terjangkau. PUPR memiliki program mereka tawarkan untuk bisa dikerjasamakan dengan program kita yang menyangkut DP nol," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (6/11/2017).

Anies menjelaskan, PUPR memiliki program yang bisa menjangkau warga dengan jenjang pendapatan yang beragam. PUPR menawarkan integrasi program hunian terjangkau milik pemerintah pusat dengan program DP Rp 0.

"PUPR punya program yang bisa menjangkau berbagai jenjang pendapatan warga. Karena mereka tahu kita punya program DP nol persen. Mereka menawarkan bagaimana kalau ini diintegrasikan dalam program itu. Tapi baru pembicaraan umum memang belum sampai detail," ujarnya.

Anies mengatakan dirinya sudah membicarakan gagasan tersebut dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dalam rapat pimpinan (rapim) sore tadi. Menurutnya, tawaran kerja sama dari pemerintah pusat sangat potensial.

"Tadi kita diskusikan yang menyangkut potensinya nampaknya menarik kita bisa laksanakan, dan dari pemerintah pusat juga ada fasilitas penunjang. Tapi detailnya belum dibahas," katanya.

Sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan sudah menemukan lahan untuk program rumah DP Rp 0. Sandiaga menyebut belum akan mengumumkan lokasi lahan tersebut untuk menghindari spekulan tanah.

"Untuk rumah DP sekarang lagi digodok. Lahannya sudah teridentifikasi, tapi kita belum bisa rilis dan itu yang menjadi sesuatu yang sangat ditunggu warga. Kita akan rilis begitu kebijakannya selesai dan kebijakannya sudah bisa diumumkan tanpa menimbulkan spekulasi," kata Sandiaga.


(fdn/fdn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed