DetikNews
Selasa 31 Oktober 2017, 15:38 WIB

Bus Premium TransJabodetabek Bogor-Jakarta Diuji Coba Hari Ini

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Bus Premium TransJabodetabek Bogor-Jakarta Diuji Coba Hari Ini Kepala BPTJ Bambang Prihartono (Kanavino Ahmad Rizqo/detikcom)
Jakarta - Bus premium TransJabodebatek rute Bogor-Jakarta mulai diuji coba hari ini. Tiga bus disiapkan untuk uji coba tersebut.

"Nah kami sekarang sedang melakukan uji coba, dan insyaallah setelah uji coba seminggu kita implementasikan," kata Kepala BPTJ Bambang Prihartono di Wisma PMI, Jalan Wijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (31/10/2017).


Bambang menerangkan bus premium Bogor-Jakarta ini merupakan lanjutan dari kebijakan Kementerian Perhubungan untuk memindahkan penumpang dari mobil pribadi ke angkutan umum. Sebelumnya bus serupa telah diresmikan untuk jalur Bekasi-Senayan.

"Kami informasikan kembali kepada masyarakat luas, hari ini BPTJ membuat kebijakan baru lagi atas saran Menteri Perhubungan, bahwa kepadatan ruas di Jalan Tol Jagorawi sudah semakin padat sehingga perlu ada kebijakan pemerintah untuk memindahkan shifting, dari mobil pribadi ke angkutan umum. Karena itu, kebijakan Kemenhub melalui BPTJ menyediakan lagi khusus untuk bus di jalan tol, yang awalnya sudah dimulai untuk ruas Bekasi-Senayan. Sekarang kita Bogor-Senayan," terangnya.

Bus Premium TransJabodetabek Bogor-Jakarta Diuji Coba Hari IniInterior TransJabodetabek premium (Rengga Sancaya/detikcom)


Bambang juga menjelaskan pihaknya telah mengidentifikasi sebanyak 3.000 kendaraan pribadi yang melintas dari Bogor ke Jakarta per hari di jam sibuk. Dengan adanya bus premium ini, masyarakat diharapkan dapat beralih menggunakan angkutan umum untuk mengurai kepadatan di jalan.

"Dengan harapan bahwa nanti ke depan ada perpindahan, dari mobil pribadi ke angkutan umum. Kenapa Kota Bogor, karena kami mengidentifikasi ada sekitar hampir 3.000 kendaraan pribadi per hari di jam sibuk yang menggunakan mobil pribadi tujuan ke kantor," jelasnya.

Sementara itu, tarif yang diberlakukan untuk bus premium ini adalah Rp 35 ribu. Bambang menganggap tarif tersebut cukup mahal karena yang menjadi sasaran bus ini adalah kelas menengah atas.

"Karena itu tiketnya tidak terlalu murah setiap orang Rp 35 ribu. Kenapa Rp 35 ribu? Karena memang ini jelas premium dan target kita adalah menengah ke atas," tuturnya.


Uji coba dilakukan pada 31 Oktober-10 November 2017. Penumpang bisa naik bus premium tersebut pada jam-jam yang telah ditentukan.

Untuk keberangkatan dari Botani Square Bogor dijadwalkan pada pukul 05.00 WIB, 05.30 WIB, dan 06.00 WIB. Sedangkan keberangkatan dari Plaza Senayan pada pukul 16.00 WIB, 16.30 WIB, dan 17.00 WIB.

Rute uji coba dimulai dari Botani Square Bogor melintas di Jalan Tol Jagorawi, Komdak, Polda Metro Jaya, Gelora Bung Karno, Bundaran Senayan, FX Sudirman, dan berakhir di Plaza Senayan. Untuk rute kepulangan, mulai dari Plaza Senayan melewati Bundaran Senayan, FX Sudirman, Gelora Bung Karno, Semanggi, masuk ke jalan tol dalam kota, dan berakhir di Botani Square Bogor.
(knv/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed