DetikNews
Selasa 24 Oktober 2017, 19:54 WIB

Ketua Asosiasi Pemprov: Jokowi Ingin Kepala Daerah Tak Takut

Danu Damarjati - detikNews
Ketua Asosiasi Pemprov: Jokowi Ingin Kepala Daerah Tak Takut Presiden Jokowi (Hakim Ghani/detikcom)
Jakarta - Pengarahan Presiden Joko Widodo kepada gubernur dan wakil gubernur se-Indonesia membahas ketakutan para kepala daerah terhadap operasi tangkap tangan (OTT) antikorupsi. Jokowi bakal mendorong kinerja pengawas internal pemerintah daerah.

"Presiden akan mendorong APIP (Aparat Pengawasan Intern Pemerintah), ini dilakukan oleh inspektorat daerah. Ini akan di-direct oleh Presiden langsung. Ini sesuai dengan undang-undang," kata Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Syahrul Yasin Limpo seusai acara pengarahan itu di kompleks Istana Kepresidenan, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (24/10/2017).

Terkait kegamangan para kepala daerah dalam menjalankan roda pemerintahan, Syahrul menyatakan Jokowi ingin agar para kepala daerah tak takut. Soalnya, rasa takut menyebabkan lambannya gerak pemerintahan.

"Presiden mengharapkan kita tidak takut tapi sepanjang tidak mengambil uang terkait dengan proses dan dinamika daerah," kata Syahrul.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan akan menerbitkan perpres terkait sistem e-government, yang dipercaya bisa meminimalkan perilaku koruptif.

"Jadi pendekatan itu akan dilakukan segera oleh Presiden, dan diminta kita daerah merespons," kata Syahrul.
(dnu/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed