DetikNews
Selasa 24 Oktober 2017, 12:15 WIB

Tolak Perppu Ormas, PAN Serahkan Nasib Koalisi ke Presiden

Hary Lukita Wardani - detikNews
Tolak Perppu Ormas, PAN Serahkan Nasib Koalisi ke Presiden Yandri Susanto (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - PAN menolak Perppu Nomor 2/2017 tentang Ormas. Penolakan itu telah dikaji dengan matang oleh PAN. Lantas, bagaimana nasib PAN di koalisi?

Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengatakan PAN mengembalikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai sikap PAN yang kembali berbeda dengan pemerintah. Ia tidak menjawab dengan tegas apakah siap ditendang dari koalisi pemerintah atau tidak, namun Yandri mengembalikan itu kepada keputusan Presiden.

"Saya kira PAN kalaupun ada perbedaan dengan pemerintah tentu kan selalu saja ada alasan yang bisa diterima akal sehat dan kami tidak serta-merta membabi buta menolak sesuatu yang menurut kami ada kebenaran dari sisi kami," ujar Yandri di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Ia menegaskan sikap PAN tentang Perppu Ormas diambil secara resmi dari DPP, bukan sikap perorangan. Jadi, terkait apakah siap atau tidak, Yandri menerangkan ini adalah hak prerogatif Presiden.

"Ini kan bukan masalah siap nggak siap, yang punya hak prerogatif kan Presiden. Siapa pun menterinya, baik itu nonparpol maupun partai politik, ketika hari ini dilantik, kapan pun dia siap harus di-reshuffle," jelas Yandri.

"Jadi, bagi PAN, kami serahkan sepenuhnya kepada Bapak Presiden apakah PAN masih dibutuhkan dalam koalisi apakah menteri PAN layak dipertahankan atau tidak, itu terserah Pak Jokowi sebagai diberi mandat penuh untuk melakukan hal tentang reshuffle," lanjutnya.

Ia mengatakan hingga hari ini sikap Presiden tidak berubah soal perbedaan pandangan PAN. Namun Yandri menegaskan kembali PAN menolak Perppu Ormas.

"Ya sampai hari ini biasa-biasa saja (sikap Presiden), tentu harapan mereka kami bersama pemerintah untuk menerima, tapi kami sampaikan tadi fraksi PAN sudah bulat tidak akan berubah lagi untuk tetap menolak Perppu Ormas," tutur dia.
(lkw/rvk)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed