DetikNews
Sabtu 21 Oktober 2017, 11:57 WIB

Bertemu Presiden Peru, Ketua MPR Pamer Cara RI Kelola Keberagaman

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Bertemu Presiden Peru, Ketua MPR Pamer Cara RI Kelola Keberagaman Ketua MPR Zulkifli Hasan bertemu Presiden Peru Pedro Pablo Kuczynski. (Dok. MPR)
Jakarta - Ketua MPR Zulkifli Hasan bertemu Presiden Peru Pedro Pablo Kuczynski. Mereka membahas kerja sama di antara dua negara.

Zulfikli memimpin delegasi parlemen Indonesia dalam pertemuan dengan sejumlah pejabat negara di Peru pada Rabu, 18 Oktober 2017.

Mereka membahas berbagai kerja sama antar dua negara.Mereka membahas berbagai kerja sama di antara kedua negara. (Dok. MPR)

Dalam pertemuan tersebut, Zulkifli menyampaikan Indonesia dan Peru serta beberapa negara Amerika Latin memiliki sejarah yang sama sebagai negara yang berjuang melawan kolonialisme.

"Sejarah Indonesia dan Peru adalah cerita perjuangan melawan penjajahan dan bersatu karena nasib yang sama sebagai bangsa," kata Zulkifli.

Selain sejarah yang sama, Peru dan Indonesia memiliki kesamaan dalam mengelola keberagaman. Zulkifli juga mengenalkan prinsip Bhinneka Tunggal Ika. "Peru tertarik dengan cara Indonesia mengelola keberagaman dengan prinsip Bhinneka Tunggal Ika. Tentu bangga karena nilai nilai Indonesia menjadi contoh bagi Peru," ujar dia.

Zulkifli menyambut baik ajakan Presiden Peru untuk meningkatkan kerja sama kedua negara di bidang politik, sosial, ekonomi dan bahkan kemanusiaan.

"Kerja sama ini perlu diperkuat karena posisi kedua negara yang strategis di wilayahnya, Indonesia di Asia Tenggara dan Peru di Amerika Selatan," kata dia.

Selain bertemu Presiden Peru, Ketua MPR beserta delegasi diterima oleh Ketua Parlemen Peru Luis Galaretta dan jajaran pimpinan parlemen Peru.

Hadir dalam rombongan delegasi Indonesia di Peru antara lain Wakil Ketua Komisi III DPR Mulfachri Harahap, Sekjen MPR Ma'roef Cahyono, dan Duta Besar Indonesia Moenir Ari Soenanda.

[Gambas:Video 20detik]


(van/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed