DetikNews
Jumat 20 Oktober 2017, 15:20 WIB

Massa Demo 3 Tahun Jokowi-JK Long March dari Patung Kuda

Cici Marlina Rahayu - detikNews
Massa Demo 3 Tahun Jokowi-JK Long March dari Patung Kuda Massa demo 3 tahun pemerintahan Jokowi-JK datang dari arah Patung Kuda dengan long march (Cici Marlina Rahayu/detikcom)
Jakarta - Massa yang tergabung dari mahasiswa dan buruh sudah berdatangan di depan Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Massa yang datang dibagi menjadi dua kelompok.

Pantauan detikcom pada pukul 15.06 WIB, kelompok massa yang datang pertama dari arah Patung Kuda adalah mahasiswa. Mereka tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND), Front Mahasiswa Nasional (FMN), dan organisasi lainnya.


Mahasiswa yang demo di depan Istana Merdeka ada dalam barisan berbeda dengan massa buruhMahasiswa yang berdemo di depan Istana Merdeka ada dalam barisan berbeda dengan massa buruh. (Cici Marlina Rahayu/detikcom)

Mereka langsung digiring oleh pihak kepolisian untuk berorasi di depan Taman Pandang Istana. Mereka mulai berorasi dengan membawa atribut, seperti bendera dan pamflet.

Pamflet yang mereka bawa bertulisan 'Rakyat Semakin Menderita', 'Merampas Hak Rakyat', serta 'Stop Reklamasi'. Puluhan mahasiswa yang baru datang ini terpisah dengan kelompok mahasiswa sebelumnya yang datang dari arah Harmoni.

[Gambas:Video 20detik]



Kelompok massa kedua yang datang berasal dari buruh. Mereka menuntut beberapa hal, seperti upah lembur.

Massa buruh menuntut beberapa hal seperti upah lemburMassa buruh menuntut beberapa hal, seperti upah lembur. (Cici Marlina Rahayu/detikcom)

"Dengarkan suara kami rakyat yang sedang tertindas," ucap seorang orator buruh.


Mereka membawa spanduk dan atribut lainnya, seperti bendera. Selain itu, mereka membawa mobil komando. Mereka berorasi terpisah dengan dua kelompok mahasiswa lainnya.
(cim/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed