DetikNews
Kamis 19 Oktober 2017, 15:10 WIB

3 Tahun Jokowi-JK, Kejagung Selamatkan Rp 1,5 T dari Korupsi

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
3 Tahun Jokowi-JK, Kejagung Selamatkan Rp 1,5 T dari Korupsi
Jakarta - Pemerintahan Jokowi-JK memasuki tahun ke-3. Selama 3 tahun ini, Kejaksaan Agung (Kejagung) menyelamatkan uang negara sebanyak Rp 1,5 triliun.

Menurut laporan yang disampaikan Wakil Jaksa Agung Bambang Waluyo, selain dalam bentuk mata uang rupiah, Kejaksaan menyelamatkan keuangan negara dalam bentuk mata uang asing sebesar USD 263 ribu.


Penyelesaian perkara pidana umum juga menjadi prioritas Kejaksaan. Dalam 3 tahun terakhir, Kejaksaan menerima 469.560 SPDP, 458.728 berkas perkara hasil penyidikan, dan 419.802 perkara sampai pada tahap penuntutan.

"Melalui Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun), Kejaksaan juga melakukan tindakan preventif terhadap potensi pelanggaran hukum," kata Bambang di kantor Kepala Staf Kepresidenan (KSP), gedung Binagraha, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2017).


"Dalam rentang tiga tahun, bidang ini telah menyelamatkan uang negara senilai Rp 22,5 triliun dan tanah seluas 7.902 meter persegi," sambungnya.

Tidak hanya itu, Bambang juga mengatakan uang negara yang berhasil dipulihkan oleh institusinya mencapai Rp 1,7 triliun dan USD 220 ribu.


Sementara itu, penerimaan negara bukan pajak (PNBP) Kejaksaan juga dianggap Bambang sangat membanggakan.

"Hingga September 2017, korps Adhyaksa berhasil mendapatkan Rp 673,18 miliar," ucapnya.


Khusus pencegahan korupsi, Bambang juga mengatakan pihaknya melakukan pendekatan baru yang mengutamakan pencegahan melalui Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan (TP4). Tim ini telah mengawal proyek pemerintah dengan total nilai Rp 247 triliun.
(tfq/asp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed